Implementasi Transisi Network IPv4 Menjadi Network IPv6 ada Unmanaged Network dengan Menggunakan Metode Configured Tunnel

Permadi Sri Herlambang

Informasi Dasar

113030056
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Pada saat ini pengguna Internet di dunia semakin bertambah. IPv4 yang hanya memiliki format alamat 32 bit, tidak lagi bisa mengatasi semakin besarnya alokasi alamat yang dibutuhkan. Untuk itulah, Internet Engineering Task Force (IETF) mengeluarkan standar internet protokol terbaru yang disebut IPv6. Kelebihan utama IPv6 adalah alokasi alamat yang jauh lebih besar dari IPv4, yaitu 128 bit.
IPv6 tidak dapat langsung menggantikan IPv4, karena banyak infrastruktur yang terlanjur menggunakan IPv4. Oleh karena itu, muncul berbagai teknik untuk mentransisikan IPv4 menjadi IPv6, salah satunya adalah configured tunnel. Dengan configured tunnel, suatu site IPv6 dapat berkomunikasi dengan site IPv6 lain walaupun dipisahkan oleh infrastruktur yang hanya mendukung IPv4.
Pada penelitian ini, diimplementasikan configured tunnel pada Unmanaged Network, yaitu network skala kecil yang hanya terdiri dari satu subnet. Pada implementasi tersebut, dianalisis perbandingan throughput antara IPv4 dengan IPv6, kompatibilitas file sharing dan aplikasi web. Hasil analisis menunjukkan bahwa IPv6 memiliki throughput yang lebih rendah dibandingkan dengan IPv4, karena memiliki ukuran header yang lebih besar, dan adanya proses tunneling. Untuk file sharing, protokol Server Message Block (SMB) pada Windows XP tidak mendukung penggunaan IPv6, sedangkan protokol NFSv4 telah mendukung IPv6. Agar dapat berjalan di lingkungan IPv6, aplikasi web harus bisa menggunakan format alamat IPv6.Kata Kunci : IPv4, IPv6, configured tunnel, kompatibilitas aplikasiABSTRACT: At this current of time, the world Internet users are growing rapidly. IPv4 which have 32 bits address format, cannot handle the increasing of address allocation. Therefore, Internet Engineering Task Force (IETF), released a new internet protocol standard, IPv6. The main advantage of IPv6 are, bigger address format than IPv4, 128 bits.Because of the Internet infrastructure, still use IPv4, it is not possible to change IPv4 with IPv6 immediately. Therefore, a variety of transition IPv4 to IPv6 technique appear. One of them is Configured Tunnel. With Configured Tunnel, IPv6 site can communicate with another IPv6 site, although separated by IPv4 only supported infrastructure.
In this research, configured tunnel was implemented in Unmanaged network, a small scale network that just consist of one subnet. The problem that have been analyzed are, application throughput comparison between IPv4 and IPv6. File sharing and web application compatibility. The result are, IPv6 has a lower throughput than IPv4, because it has a bigger header size and tunneling process. For file sharing, Server Message Block protocol in Windows XP doesn't support IPv6, while NFSv4 protocol already support it. To make it run properly in IPv6 environment, web application must could using IPv6 address format.
Keyword: IPv4, IPv6, configured tunnel, application compatibility

Subjek

Sistem Komputer dan Jaringan Komputer
 

Katalog

Implementasi Transisi Network IPv4 Menjadi Network IPv6 ada Unmanaged Network dengan Menggunakan Metode Configured Tunnel
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Permadi Sri Herlambang
Perorangan
Tri Brotoharsono, Vera Suryani
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2007

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini