Aplikasi Enkripsi SMS Berbasis Java Menggunakan Algoritma RSA

Yanuar Asshidqi

Informasi Dasar

113030031
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Perkembangan Teknologi Komunikasi berkembang sangat cepat. Hal ini didukung dengan perkembangan telepon seluler sebagai media yang tidak hanya sebagai pengirim atau penerima data suara, akan tetapi dapat berupa text, gambar. Salah satu fasilitas yang paling digemari dan mudah digunakan yakni Short Message Service (SMS). SMS yang bersifat penting sangat diharapkan dalam pengirimannya dapat dikirimkan dengan aman kepada penerima, akan tetapi dengan fasilitas sekarang sangat dimungkin informasi SMS dapat dibaca oleh pihak-pihak tertentu.
Oleh karena itu, diperlukan adanya suatu mekanisme yang dapat menjaga kerahasiaan pesan penting tersebut. Salah satu metode menjaga kerahasian pesan yakni algoritma RSA. Pada tugas akhir ini, penulis membuat suatu aplikasi enkripsi SMS pada handphone yang berbasis Java 2.0. Aplikasi enkripsi ini dianalisis dari waktu respon dan penggunaan memori serta keamanan pada enkripsi dan dekripsi pesan.
Dari hasil percobaan, algoritma RSA merupakan salah satu algoritma yang tepat untuk digunakan dalam proses enkripsi pada handphone. Tetapi, dalam hal ini penulis menekankan pada segi keamanan pesan yang dikirim dan tidak mempermasalahkan besar atau biaya SMS yang dikirimkan
Kata Kunci : SMS, RSA, Java, enkripsi, dekripsiABSTRACT: Technology of telecomunication increase very fast. It supported by developing of handphone that used as media for not only be sender or receiver data sound, but also text, images. One of facility in handphone that most delighted people is Short Messages Service (SMS). SMS is very important is not only to send the data but also the data must have security to protect from another user who is not allowed.
Therefore, we must have a mecanism that can protect the security important message. One of the method is RSA algorithm. In this case, the writer make SMS encryption application in the handphone use Java 2.0. the encryption application is analyted from response time and used memori, also security in the encryption and decryption message.
From the experience, RSA algorithm is a good way to solve the encryption and decryption. But, the writer more concretate in security message which is sent, and not consider the cost of SMS.Keyword: SMS, RSA, Java, encryption, decryption

Subjek

Sistem Komputer dan Jaringan Komputer
 

Katalog

Aplikasi Enkripsi SMS Berbasis Java Menggunakan Algoritma RSA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Yanuar Asshidqi
Perorangan
Adiwijawa, Andrian Rakhmatsyah
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini