Analisa dan Implementasi Steganografi Terhadap Plaintext Dengan Metode Whitespace Menggunakan Enkripsi Rijndael Dan HUffman Encoding Compression

Helmi Fajar Andrianto

Informasi Dasar

113030027
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Pengiriman informasi-informasi rahasia melalui jaringan komputer dilakukan untuk mempersingkat waktu serta menghubungkan individu yang berada di tempat yang jauh. Hal ini menimbulkan masalah keamanan karena informasi dikirimkan melalui jaringan publik/umum
informasi dikirimkan melalui jaringan publik/umum. Salah satu cara untuk melakukan pengamanan informasi adalah dengan melakukan steganografi. Steganografi adalah menyisipkan suatu data ke dalam suatu media sehingga keberadaannya tersamarkan. Pada Tugas Akhir ini, membahas steganografi yang disisipkan ke media file teks dengan menggunakan whitepsace. Sebelum suatu informasi disisipkan, akan dilakukan enkripsi dengan rijndael dan huffman compression.
Analisa akan dilakukan dengan melihat bagaimana tiap-tiap proses bekerja serta file hasilnya. Pada enkripsi, akan dianalisa tingkat pengacakan bit datanya serta ukuran output yang dihasilkan. Pada proses kompresi, akan diimplementasikan ratio kompresi yang sesuai untuk mengkompress suatu informasi secara efektif. Proses Steganografi sendiri akan dianalisa file hasilnya dengan membandingkan file asli sebelum dilakukan steganografi.
Dari penggujian yang telah dilakukan, steganografi dengan whitespace, melakukan perubahan terhadap file induk dari segi struktur isinya saja. Pada proses kompresi, akan efektif jika dilakukan dengan ratio yang tepat untuk suatu pesan dengan jumlah bit add yang tidak terlalu banyak. Proses enkripsi dengan rijnadel, memiliki tingkat pengacakan pesan yang bagus. Perbedaan 1 bit pada suatu inputan dapat menghasilkan pengacakan pesan pada keseluruhan bit pesan.
Kata Kunci : file teks, steganografi, enkripsi, text compression, whitespace,ABSTRACT: Transferring a secret information through the computer network, conducted to take less time and also connect the individual in the different place. This matter generate the security problem because information delivered through the public network.
A solution to conduct the information security is by doing steganografi. In this Final Project, will be discussing steganografi inserted to text file by using whitepsace. Before an information inserted, it will be encrypt by rijndael and compress use huffman algorithm
Analysis will be conducted with observe how every process work. At encryption process, will be analysed by testing its level to random bits of data and also measure output size yielded. At compression process, will be testing by use appropriate compression ratio. At steganography process will be analysed by observe its result file and comparing the result file with the original file before steganography.
Based on testing, steganography make change to carrier file from its structure. At compression process , it will be effective if conducted by a correct ratio to a message which has few bit add in it. Encryption process use rijndael algorithm, owning good storey to random bits data. One bit difference of input, can yield random conditions at overall bits.
Keyword: text file, steganography, encryption, text compression, whitespace,

Subjek

Sistem Komputer dan Jaringan Komputer
 

Katalog

Analisa dan Implementasi Steganografi Terhadap Plaintext Dengan Metode Whitespace Menggunakan Enkripsi Rijndael Dan HUffman Encoding Compression
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Helmi Fajar Andrianto
Perorangan
Maman Abdurohman, Andrian Rakhmatsyah
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2007

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini