Optimalisasi Teknik Watermarking menggunakan Discrete Wavelet Transform (DWT) pada Citra Digital

Muzizat

Informasi Dasar

113030019
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Kualitas citra dan ketahanan data pada watermarking selalu menjadi pertimbangan dalam perkembangan berbagai teknik watermarking. Pada tugas akhir yang berjudul Optimalisasi Teknik Watermarking menggunakan Discrete Wavelet Transform (DWT) pada citra digital ini penulis mengembangkan sebuah teknik watermarking pada citra berwarna dengan mentransformasikan ruang warna RGB ke YCrCb, dan kemudian mensegmentasi komponen luminance dari hasil transformasi tersebut dengan algoritma K-Means sebelum watermarking dengan Discrete Wavelet Transform dilakukan. Pengembangan teknik ini dilatarbelakangi oleh permasalahan apakah transformasi warna dan segmentasi citra ini berpengaruh terhadap kualitas citra dan ketahanan data hasil watermarking.
Dari pengujian yang dilakukan oleh penulis, teknik watermarking ini secara perhitungan (PSNR) menghasilkan citra yang tidak lebih baik dari citra hasil yang menggunakan teknik watermarking DWT tanpa transformasi warna dan segmentasi. Namun demikian, secara perhitungan (PSNR) ketahanan data yang disisipkan terhadap proses pengolahan sinyal kecuali proses pengolahan sinyal Sharpening, lebih bagus dari teknik watermarking lain. Jadi, dengan menggunakan segmentasi citra yang memanfaatkan kanal luminance dan Discrete Wavelet Transform (DWT), teknik watermarking pada citra digital dapat dioptimalisasi dalam hal ketahanan data yang disisipkan.Kata Kunci : Watermarking, Discrete Wavelet Transform, Luminance. K-Means.ABSTRACT: Fidelity of image and robustness of data in watermarking have always been the considerations in the development of watermarking techniques. In this final project entitled Optimalisasi Teknik Watermarking menggunakan Discrete Wavelet Transform (DWT) pada citra digital, a watermarking technique on digital image is developed by means of transforming RGB color space into YCbCr color space, and then segmenting the luminance channel produced by the transformation using K-means algorithm before the watermarking with Discrete Wavelet Transform in conducted. The development of such technique is based on a problem whether the transformation of color space and image segmentation affect the fidelity and robustness of the watermarked image.
From the analysis conducted by the writer, it is found out that this watermarking technique, based on the PSNR value, does not produce images with better fidelity than other techniques can produce. However, the PSNR value showed that the robustness of the data is better. Thus, by means of image segmentation using the luminance channel and Discrete Wavelet Transform, the watermarking technique on digital image can be optimalized in terms of the robustness of the watermarked data.Keyword: Watermarking, Discrete Wavelet Transform, Luminance. K-Means.

Subjek

Informatika Teori dan Pemrograman
 

Katalog

Optimalisasi Teknik Watermarking menggunakan Discrete Wavelet Transform (DWT) pada Citra Digital
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Muzizat
Perorangan
Eddy Muntina Dharma, Fazmah Arif Yulianto
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2007

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini