DESIGN PATTERN PADA ASPECT ORIENTED PROGRAMMING DESIGN PATTERN IN ASPECT ORIENTED PROGRAMMING

Rena Wigastari

Informasi Dasar

113030006
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Pemrograman berorientasi objek sangat popular dalam dunia rekayasa perangkat lunak, karena dapat mengurangi kompleksitas dalam pemrograman. Masalah yang muncul adalah jika dalam suatu objek atau kelas terdapat suatu aspek yang unik, dan tidak dapat dienkapsulasi menjadi satu objek, atau yang biasa dikenal dengan crosscutting concern. Hal ini dapat menyebabkan modularitas menjadi tidak bersih. Permasalahan lain yang terjadi adalah tentang desain pemrograman berorientasi objek yang harus menangani permasalahan yang muncul secara berulang-ulang, sehingga perlu dicari solusi umum untuk mengatasi permasalahan tersebut.
Dalam kasus ini, penulis menerapkan implementasi dari design pattern pada aspect-oriented programming (AOP), yang mana AOP sendiri dibangun berdasarkan object-oriented programming (OOP). Namun satu hal yang berbeda bahwa AOP menjanjikan suatu kemampuan dalam hal melokalisir kode (biasa disebut sebagai alat modularizing crosscutting), yang tidak terdapat dalam OOP. Sedangkan design pattern menawarkan sebuah solusi yang flexibel dalam masalah pengembangan perangkat lunak, yaitu mendukung adanya penggunaan kembali pendekatan dan teknik yang sudah terbukti. Sehingga bila kedua hal ini digabungkan, maka dapat mengurangi kedua permasalahan yang terjadi.
Untuk pengembangan design pattern pada AOP ini diimplementasikan dalam AspectJ. AspectJ merupakan perluasan dari aspect-oriented extension pada Java, yang berarti bahwa pemrograman pada AspectJ itu sama saja dengan pemrograman dalam Java dalam aspek yang lebih.
Kata Kunci : aspectj, aspect-oriented extension, aspect-oriented programming,ABSTRACT: Design Pattern represents a general solution to internal issues in certain contexts, supporting proven techniques and approaches. Design Pattern offers solutions which are flexibel to be used in solving problems of software development.
In this case, writer apply implementation from design pattern of aspectoriented programming (AOP), where AOP itself was developed from objectoriented programming (OOP). One difference is AOP promise an ability in the case of localizing code (usually referred to means of modularizing crosscutting), which is not there in OOP.
For development of design Pattern at AOP is implemented by Aspectj. Aspectj is a represent extension from aspect-oriented extension for Java, which means that programming at AspectJ the same with programming in Java in more aspect.
Keyword: aspectj, aspect-oriented extension, aspect-oriented programming,

Subjek

Informatika Teori dan Pemrograman
 

Katalog

DESIGN PATTERN PADA ASPECT ORIENTED PROGRAMMING DESIGN PATTERN IN ASPECT ORIENTED PROGRAMMING
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Rena Wigastari
Perorangan
Dana Sulistyo Kusumo, Arie Ardiyanti Suryani
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini