ANALISA IMPLEMENTASI ALGORITMA STREAM CIPHER SOSEMANUK DAN DICING DALAM PROSES ENKRIPSI DATA

TRISYA INDAH PRAVITASARI

Informasi Dasar

113030003
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Keamanan merupakan hal yang diutamakan dalam sistem informasi, khususnya dalam pertukaran data yang bersifat penting atau rahasia. Informasi yang akan diberikan kepada pihak yang berhak akan informasi tersebut harus benar-benar dijaga tingkat keamanannya, jangan sampai jatuh ke tangan pihak lain yang tidak punya hak akan informasi tersebut.
Salah satu cara untuk menjaga keamanan informasi yang dipertukarkan dalan suatu sistem diperlukan teknik kriptografi, yang merupakan seni dan ilmu untuk menyembunyikan informasi dari pihak ketiga. Dalam kriptografi, seseorang yang memiliki kunci privat dapat mengubah data asli (plaintext) menjadi data yang bersifat unik dan tidak dapat dibaca (ciphertext) dan dapat mengubah kembali ciphertext yang ada ke dalam bentuk plaintext dengan menggunakan kunci privat yang dimilikinya.
Dalam tugas akhir ini, dibuat suatu sistem yang dibangun dengan menggunakan Borland C++ Builder 6.0 yang ditujukan untuk menganalisa perbandingan performansi antara algoritma Sosemanuk dan Dicing dalam hal kecepatan proses enkripsi dan dekripsi, memori yang dibutuhkan selama proses dan nilai avalanche effect.
Kata Kunci : kriptografi, kunci privat, Sosemanuk, dan DicingABSTRACT: The security is the main idea in information system, especially for exchange data that so important or secret. Information that given to authorized user must be focused on security, and prevent from unauthorized user.
One way to keep the security of information excahnged in the system is crypthography method, that is representating art and science for hiding the information from the third party. In cryptography, a person that has private key can change the original data (plaintext) become unique data that can not be read (ciphertext) and can return the ciphertext into plaintext use the same private key.
In this final task, we made a system that built in Borland C++ Builder 6.0 that maintain for analyze performance comparison between Sosemanuk and Dicing algorithm in process speed for encryption and decryption, memory that needed when processing, and avalanche effect value.
Keyword: cryptography, private key, Sosemanuk, and Dicing

Subjek

Sistem Komputer dan Jaringan Komputer
 

Katalog

ANALISA IMPLEMENTASI ALGORITMA STREAM CIPHER SOSEMANUK DAN DICING DALAM PROSES ENKRIPSI DATA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

TRISYA INDAH PRAVITASARI
Perorangan
Setyorini, Endro Ariyanto
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini