PENGIDENTIFIKASIAN INSTRUMEN DIDALAM MUSIK POLYPHONIC BERDASARKAN AUTOMATIC TAXONOMIES

Naufal Perdana

Informasi Dasar

113020313
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Musik sebagai salah satu kebudayaan di dunia ini telah berkembang dan menjadi gaya hidup kita. Kemudian dengan meningkatnya perkembangan teknologi dan informasi yang ada saat ini., kita sebagai manusia menginginkan segalanya menjadi lebih mudah, begitu juga terhadap musik. Kita tidak hanya mengharapkan suatu musik bisa didapat dan dikumpulkan dengan mudah, tetapi juga secara otomatis dapat menggambarkan informasi dari suatu musik tersebut. Hal inilah yang mendasari berbagai penelitian dalam kaitannya dengan music information retrieval (MIR).
Dalam tugas akhir ini kami akan memeperkenalkan suatu sistem pengidentifikasian instrumen musik pada suatu audio poliphonic, yang merupakan salah satu bagian dalam penelitian MIR tersebut. Metoda yang kami pakai ini, yaitu dengan membangun taxonomy dari suatu alat musik yang ada, yang diharapkan dapat mengenali instrumen dengan lebih baik. Dalam tugas akhir ini juga akan diperkenalkan beberapa ekstrasi fitur yang nantinya digunakan dalam pengidentifikasian intrumen musik tersebut. Kemudian dalam pelatihan terhadap sistem ini kami juga menggunakan SVM yang berguna untuk mendapatkan suatu klasifikasi yang bagus. Pada akhirnya akurasi dari sistem ini akan dihitung, dan kami mendapatkan hasil maksimal akurasi dari pengidentifikasian ini sebesar 87.56%.
Kata Kunci : music information retrieval, instrumen, poliphonic, taxonomy, SVM.ABSTRACT: Music as one of existing culture this world have expanded and become our life style. Furthermore, at the height of technological growth and existing information in this time, we are as human being wish the anything become easier, and so about music. We not only expect music can be got and collected easily, but also automatically can depict the information from the music. These matters constitute various researches in its bearing by music information retrieval.
In this final assignment, we will introduce a system of identifying of music instrument at one particular audio polyphonic, that are representing one part of in the research MIR. Method which we used, that is by building taxonomy from existing castanets, what is expected can recognize the instrument eminently. In this final assignment also will be introduced by some extraction feature which is later used in the identifying instrument music. Later in our training system, we also use the SVM which is good for getting a good classification. In the end, the accuracy from this system will be calculated, and we get the maximal result of accuracy from this identifying equal to 87.56%.Keyword: music information retrieval, instrument, poliphonic, taxonomy, SVM.

Subjek

Rekayasa Perangkat Lunak
 

Katalog

PENGIDENTIFIKASIAN INSTRUMEN DIDALAM MUSIK POLYPHONIC BERDASARKAN AUTOMATIC TAXONOMIES
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Naufal Perdana
Perorangan
Suyanto, Moch Arif Bijaksana
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2007

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini