PENCARIAN KUNCI GITAR MENGGUNAKAN JARINGAN SYARAF TIRUAN DENGAN ALGORITMA BACKPROPAGATION

Indra MMS

Informasi Dasar

113020312
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Pemrosessan sinyal digital sudah menjadi karya yang sangat penting/besar dalam pengklarifikasian, pengembangan bisnis/usaha, dan yang mengatur asas dan alat-alat pemrosessan sinyal digital. Salah satu contoh yang memanfaatkan pemrosessan sinyal digital adalah dalam mencari kunci (chord) gitar. Dengan memanfaatkan pemrosessan sinyal analog menjadi sinyal digital pada gelombang suara dapat diperoleh pola nilai biner tertentu yang akan menjadi panduan dalam menentukan kunci gitar (chord) tersebut.
Mencari kunci gitar merupakan salah satu permasalahan yang sering dihadapi oleh para pemain musik, tidak terkecuali bagi mereka yang telah mahir apalagi bagi pemula didalam belajar gitar. Ada banyak cara yang dapat digunakan untuk mengetahui kunci gitar dari suatu musik. Dengan bantuan alat musik yang lain bisa merupakan salah satu alternatif dalam mencari kunci gitar dari lagu yang sedang di-mainkan. Frekuensi nada yang dihasilkan oleh suatu alat musik yang sama pasti mempunyai frekuensi yang tetap. Ini merupakan keuntungan dalam mencari kunci gitar dengan mencari nilai binernya pada pemrosessan sinyal (gelombang) suara.Kata Kunci : sinyal digital, kunci gitar.ABSTRACT: Digital signal processing were monumental effort in clarifying, expanding, and organizing the fundamentals and tools of digital signal processing. Which one of using digital signal processing is in looking for guitar chords. By using analog signal to digital signal processing to the sounds wave could be resulted the certain binary system which can be the manual book in determining the chords.
Looking for chords are the most one of complication which often facing in a certain direction by the musician not only for skilled moreover for initiator in guitar learning. There are many ways could be used to know them from music. By using another instrument should be the one of alternative in looking for chords from song being played. Tone frequency of among similar instruments must be having a constant frequency. It s the beneficial in looking for chords by determination the binary value from sound wave processing.Keyword: digital signal, guitar chord.

Subjek

Informatika Teori dan Pemrograman
 

Katalog

PENCARIAN KUNCI GITAR MENGGUNAKAN JARINGAN SYARAF TIRUAN DENGAN ALGORITMA BACKPROPAGATION
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Indra MMS
Perorangan
Iwan Iwut Tritoasmoro, Andrian Rakhmatsyah
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini