Analisis Pengaruh Penggunaan Robust Audio Hashing Pada Audio Watermaking

Prima Jaya Siagian

Informasi Dasar

113020227
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Fungsi hash merupakan salah satu teknik kriptografi yang digunakan untuk autentikasi dan verifikasi data. Fungsi hash yang banyak digunakan diantaranya SH-1, MD5. Tetapi jarang digunakan untuk mengangani file audio. Robust audio hashing adalah salah satu fungsi hash yang bisa diterapkan di file audio
Dalam tugas akhir ini diimplementasikan fungsi hash yang robust yang diterapkan pada audio watermarking. Metode watermarking yang digunakan yakni spread spectrum. Dalam proses encoding juga diterapkan enkripsi kunci publik RSA. Terhadap audio terwatermark dilakukan pengujian kualitas secara obyektif dan subyektif serta diadakan pengujian ketahanan fungsi hash terhadap filterisasi dan noise.
Dari pengujian yang telah dilakukan secara obyektif dan subyektif terhadap fungsi hash dan juga terhadap audio terwatermark, fungsi hash yang yang digunakan memiliki ketahanan terhadap filtering dan noise dapat dilihat dari BER fungsi hash yang kecil. Sedangkan untuk kualitas audio terwatermark yang mendekati aslinya dengan nilai SNR sekitar 127.978. Sedangkan untuk BER dari audio terwatermark sangat besar sehingga sangat riskan menggunakan bersamaan antara robust audio hashing, audio watermarking dan enkripsi.
Kata Kunci : Robust Audio Hashing, Audio watermarking, RSA, BER, SNR,ABSTRACT: Hash function is one of the cryptography technique that is used for data authentification and verification. Hash function that commonly used are SH-1 and MD5. both ofthem technique are rarely used in audio file processing. Robust audio hashing is one of the hash function that applied for audio processing.
Robust hash function for audio watermarking is implemented in this final project. Watermarking method that used is spread spectrum. RSA public key encryption is also applied on the ecoding process For watermarked audio, objective and subjective quality testing are done and also robust testing for filtering and noising hash function
From the testing in objective and subjective way on hash function and the watermarked audio, hash function is robust to filtering and noising processing, that shown by the BER value of hash function. Watermarked audio SNR is about 127,978 and BER high values , show that applying robust audio hashing , audio watermarking and encryption is not recommended.
Keyword: Robust audio hashing, Audio watermarking, RSA, BER, SNR Spread

Subjek

Informatika Teori dan Pemrograman
 

Katalog

Analisis Pengaruh Penggunaan Robust Audio Hashing Pada Audio Watermaking
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Prima Jaya Siagian
Perorangan
Iwan Iwut Tritoasmoro, Andrian Rakhmatsyah
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2007

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini