Analisa Performansi MLPPP (Multilink Point to Point Potocol) pada WAN (Wide Area Network)

Adhi Wahyu Utama

Informasi Dasar

113020225
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Multilink Point to Point Protocol (MLPPP) adalah protokol yang dikembangkan dari Point to Point Protocol (PPP). PPP merupakan metode untuk melewatkan datagram multi-protokol melalui koneksi serial. PPP umum digunakan untuk menghubungkan suatu router dengan router yang lain atau untuk menghubungkan sebuah jaringan dengan jaringan lain sehingga membentuk suatu Wide Area Network (WAN). MLPPP mempunyai fungsi yang sama dengan PPP, tetapi MLPPP mempunyai kelebihan dibandingkan dengan PPP. MLPPP mempunyai kemampuan mengatur bandwidth dari sebuah koneksi jaringan untuk menyesuaikan dengan muatan jaringan yang berubah secara dinamis. Karena dengan MLPPP, router dan peralatan akses yang lain dapat mengkombinasikan beberapa link PPP yang terhubung ke berbagai layanan WAN menjadi sebuah saluran data logis, sehingga saat sebuah koneksi membutuhkan bandwidth tambahan, dengan diatur oleh MLPPP, koneksi tersebut dapat menggunakan link PPP yang lain untuk memperoleh bandwidth tambahan yang diperlukan. Dengan demikian, performa dari jaringan juga akan meningkat.
Pada Tugas Akhir (TA) ini dilakukan analisa terhadap performansi serta nilai lebih yang didapat dari penggunaan MLPPP dibandingkan penggunaan PPP pada WAN. Parameter performansi yang diuji dan dibandingkan adalah delay, throughput, dan packet loss. Diamati juga kelakuan MLPPP dan PPP saat ada perubahan kondisi jaringan, yaitu saat ada link yang putus.
Penggunaan MLPPP meningkatkan availability dari koneksi PPP tetapi ada penurunan performansi dari segi delay, karena MLPPP memberikan header tambahan kepada paket sehingga memperbesar ukuran paket dan menambah waktu transfer. MLPPP menggunakan algoritma penjadwalan round robin, sehingga jika link yang berbeda throughput digabung untuk membentuk MLPPP, link dengan throughput yang lebih tinggi akan mengalami penurunan throughput menyesuaikan dengan throughput yang lebih rendah.Kata Kunci : MLPPP, PPP, WANABSTRACT: Multilink Point to Point Protocol (MLPPP) is a protocol which was developed from Point to Point Protocol (PPP). PPP provide method for transporting multi-protocol datagram’s over serial connection. PPP is commonly used for interconnecting routers or for interconnecting Networks to form a Wide Area Network (WAN). Having same function as PPP, MLPPP have better ability than PPP. MLPPP have the ability to adjust the bandwidth of a connection between two Network devices to accommodate dynamically changing Network loads. With MLPPP, routers and other access devices can combine multiple PPP links connected to various WAN services into one logical data pipe, so when a connection need some extra bandwidth, controlled by MLPPP, the connection could use another PPP link to get extra bandwidth as needed. By doing so, the Network performance will also increase.
This final task analyze the performance of wide area Network which using MLPPP and also the benefit from using MLPPP than PPP. Tested and compared performance parameter is delay, throughput, and packet loss. Also MLPPP and PPP behaviour when there are change in network condition, it is when broken link happen
MLPPP usage add availability to PPP connection, but there are decrease in performance on delay, because MLPPP add more header to packet that increase packet size and packet transfer time MLPPP use round robin scheduling algorithm, so we join link with different throughput to form MLPPP, link with higher throughput will decreasing its throughput in accordance to the lower throughput.
Keyword: MLPPP, PPP, WAN

Subjek

Sistem Komputer dan Jaringan Komputer
 

Katalog

Analisa Performansi MLPPP (Multilink Point to Point Potocol) pada WAN (Wide Area Network)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Adhi Wahyu Utama
Perorangan
Tri Brotoharsono, Fazmah Arif Yulianto
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2007

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini