Analisa dan Implementasi Ketahanan Watermarking dengan Metode DS-CDMA Terhadap Serangan Geometris pada Citra Digital

I Gede Supaca Darma Tuladi

Informasi Dasar

113020223
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Dengan perkembangan pertambahan dari multimedia digital dan Internet masalah tentang proteksi hak milik dari informasi digital sangat bertambah penting. Watermarking adalah salah satu cara untuk melindungi hak milik intelektual atas produk multimedia (gambar/foto, audio, teks, video) dengan menyisipkan informasi ke dalam data multimedia tersebut. Informasi yang disisipkan ke dalam data multimedia disebut watermark, dan watermark dapat dianggap sebagai sidik digital (digital signature) atau stempel digital dari pemilik yang sah atas produk multimedia tersebut.Walaupun kemajuan penting telah dilakukaan dalam watermarking dari citra digital, masih banyak tantangan masalah yang masih tersisa dalam pelaksanaanya. Diantara masalah tersebut masih rawannya terhadap serangan geometris.
Pola watermarking yang dihasilkan pada Tugas Akhir ini cocok untuk applikasi public watermarking, dimana citra aslinya tidak tersedia untuk watermark detection.
Metode yang digunakan pada saat penyisipan menggunakan metode directsequence code division multiple access (DS-CDMA) dan dengan bantuan transformasi discrete cosine transform (DCT). Sejumlah demontrasi eksperimen dibuat pada pola watermarking agar tahan akan dari bermacam-macam serangan.
Kata Kunci : Citra digital, watermarking, DS-CDMA, DCT.ABSTRACT: With the growth of digital multimedia and internet, the problem of ownership protection of digital information become important. Watermarking is one of a way to protect the ownerhip of digital multimedia by inserting some information into digital multimedia file. Information that inserted into digital multimedia file then called watermark, and watermark can be assumed as a digital signature or digital stamp of the owner of the digital multimedia file. Although some important progress have been done in watermarking of digital images, there is still some challenges and problems left on its implementation. For an example is the trouble of geometric attack.
Watermarking pattern that become an outcome of this Final Project is compatible with public watermarking application where the original image is not available for watermark detection.
Methods that used on watermark insertion are direct-sequence code division multiple access (DS-CDMA) with help of discrete cosine transform (DCT) transforming. Some experiment demonstration have been made on watermarking patterns to make it robust of some attacks.
Keyword: Digital image, watermarking, DS-CDMA, DCT.

Subjek

Informatika Teori dan Pemrograman
 

Katalog

Analisa dan Implementasi Ketahanan Watermarking dengan Metode DS-CDMA Terhadap Serangan Geometris pada Citra Digital
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

I Gede Supaca Darma Tuladi
Perorangan
Adiwijawa, Tjokorda Agung Budi Wirayuda
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini