Pengenalan Pola Sidik Jari Berbasis Transformasi Wavelet dan Jaringan Syaraf Tiruan Backpropagation

Sayful Hakam

Informasi Dasar

113020220
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Pada zaman modern seperti saat ini, banyak orang yang ingin mencuri sesuatu yang sifatnya sangat rahasia baik itu untuk mencari keuntungan individu ataupun hanya untuk kesenangan. Oleh karena itu, dibutuhkan keamanan dalam teknologi untuk melindungi hal tersebut. Salah satu cara yang aman adalah dengan menggunakan teknologi biometrik. Biometrik adalah cara untuk mengenali seseorang berdasarkan karakteristik fisik atau perilakunya. Pada tugas akhir ini dibuat perangkat lunak yang dapat mengenali identitas seseorang dengan menggunakan salah satu dari contoh biometrik yaitu sidik jari. Metode yang digunakan adalah transformasi wavelet sebagai ekstraksi ciri dan jaringan syaraf tiruan Backpropagation (JST-BP) sebagai pengenalan pola.
Transformasi wavelet digunakan sebagai ekstraksi ciri karena mampu mengenali ciri-ciri khusus dari suatu citra. JST-BP digunakan sebagai pengenalan pola karena JST-BP merupakan representasi dari otak manusia yang mampu untuk belajar dari contoh-contoh yang diberikan. Kedua metode tersebut dianalisis untuk mendapatkan tingkat akurasi tertinggi. Hasil analisis digunakan untuk proses deteksi, dimana output dari proses ini adalah citra sidik jari yang telah teridentifikasi.
Kata Kunci : Biometrik, Transformasi Wavelet, Jarngan Syaraf TiruanABSTRACT: Nowadays, many people want to steal something secret for a benefit or just for fun. Becouse of that, we need security technology to protect them. The most easy way to protect it’s by using password. But, it has many disadvantages such as easy to be crack. An easy way to protect it’s by using biometrik teknologi Biometric technologies is a way to identified by using body characteristic or by using their pshycology. In this final project will be create sofware that will be identified characteristic using fingger print. Method that will be used is wavelet tranformation to extract characteristic and neural network backpropagation to patern recognition.
Wavelet tranformation used to extract characteristic becouse can be used to recognice specifict characteristic from an image. Neural network backpropagation used to recognice pattern because neural network backpropagation is a representation of human brain that can be used to learn. Both method will be analyst to get higest accuration. Result from analysis will be used to detect an fingger print image, output from detection is a detected fingger print image.
Keyword: Biometric, Wavelet Transformation, Neural Network

Subjek

Informatika Teori dan Pemrograman
 

Katalog

Pengenalan Pola Sidik Jari Berbasis Transformasi Wavelet dan Jaringan Syaraf Tiruan Backpropagation
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Sayful Hakam
Perorangan
Adiwijawa, Andrian Rakhmatsyah
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2007

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini