Pembangunan Sistem Bantu Perekam Percakapan Dalam Perangkat Telepon Seluler

Eko Harianto

Informasi Dasar

113020205
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Pada Tugas Akhir ini dilakukan pembangunan sistem bantu pada perangkat telepon seluler (mobile device) yang mempunyai kemampuan untuk menyimpan suara percakapan dengan merekam proses pembicaraan yang terjadi. Sistem perekam ini dinamakan Siper. Siper dibangun pada telepon seluler dengan sistem operasi Symbian 60 serta dengan memanfaatkan API yang terdapat didalamnya untuk melakukan proses recording. API yang dimaksud adalah CMdaAudioRecorderUtility.
Ide dari pembangunan Siper adalah adanya kebutuhan akan perangkat lunak yang mampu merekam pembicaraan telepon sehingga memudahkan pengguna dalam menyimpan arsip-arsip percakapan dalam bentuk audio file. Hasil perekaman disimpan dalam format asli yaitu dalam bentuk WAVE (*.wav). Media penyimpanan dalam sistem ini adalah dengan menggunakan media penyimpanan eksternal pada telepon seluler.
Pembangunan Siper dengan menggunakan bahasa C++. Tools utama yang digunakan dalam pembangunan Siper adalah Symbian SDK Series 60 Version 1.2 dan Microsoft Visual Studio 6. Pengujian dilakukan secara black box serta disesuaikan dengan tujuan dari pembangunan.
Dalam tugas akhir ini, Siper berhasil dibangun dengan memanfaatkan API CMdaAudioRecorderUtility yang ada serta dapat digunakan untuk merekam percakapan yang terjadi baik secara manual maupun otomatis. Terdapat dua versi program yang digunakan dalam tugas akhir ini, masing-masing diimplementasikan pada telepon seluler Nokia NGage dan Nokia 6600 sebagai perangkat implementasi dan uji.Kata Kunci : mobile device, siper, black box, symbian, cmdaaudiorecorderutility.ABSTRACT: In this final project has developed a support system in mobile phone that has ability to save sound of conversation by record the process of conversation that happened. This recording system called Siper. Siper has development in mobile phone with Symbian 60 series operating system using API in to do the recording process. That API is CMdaAudioRecorderUtility.
The development idea of Siper is a requirement of software that’s capable to record the conversation in telephone so user more easier to save the conversation archives in audio file. Result of recording process are in native audio file format, that’s WAVE. System using external storage to keep audio file’s.
Siper has developing using C++ programming. To develope Siper using Symbian SDK Series 60 Version 1.2 and Microsoft Visual Studio 6 as main tools. Siper has tested like black box and appropriate with the purpose of Siper development.
In this final project, the development of Siper already success using CMdaAudioRecorderUtility API and capable to record conversation process that happen with manual aoperation or automatic operation. There are two program version that using in this final project. Each implemented in Nokia NGage and Nokia 6600 mobile phone as device to test and implementation.Keyword: mobile device, siper, black box, symbian, cmdaaudiorecorderutility.

Subjek

Informatika Teori dan Pemrograman
 

Katalog

Pembangunan Sistem Bantu Perekam Percakapan Dalam Perangkat Telepon Seluler
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Eko Harianto
Perorangan
Fazmah Arief Yulianto, Toto Suharto
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2007

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini