Analisis dan Implementasi E-auction Menggunakan Metode Multi-Attribute Global Inference of Quality (MAGIQ) (Studi Kasus : Tender Access point)

FIBIE ROOSADHY

Informasi Dasar

113020192
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: E-auction adalah bagian dari proses tender yang menitik-beratkan pada proses tawar menawar harga. Dalam tender access point, penilaian mendalam terhadap kualitas access point pada tahap prakualifikasi menjadi keharusan. Penilaian tidak hanya pada harga tawar, tapi juga pada nilai teknis agar mendapat barang yang terbaik. Metode yang digunakan selama ini tidak melihat nilai teknis secara detail.
Untuk mendapatkan access point yang terbaik, perlu diperhitungkan seberapa penting satu atribut dibandingkan dengan atribut yang lain kemudian diberi bobot dan diurutkan. Dalam tugas akhir ini, perhitungan menggunakan metode MAGIQ. Metode MAGIQ baik digunakan pada kasus yang multi-atribut dan multi-level atribut. Contohnya pada tender access point.
Dalam tugas akhir ini telah dikembangkan aplikasi e-auction pada studi kasus tender access point dengan metode MAGIQ. Metode MAGIQ melakukan perangkingan dan pembobotan secara bersamaan. Metode MAGIQ pada aplikasi ini dapat dijadikan alternatif metode pada tender access point. Proses perangkingan dan pembobotan pada variasi jumlah atribut lebih banyak daripada variasi jumlah alternatif. Aplikasi memberikan keluaran berupa alternatif solusi yang sama dengan hasil tender yang telah dilakukan.Kata Kunci : e-auction, tender, MAGIQ, access pointABSTRACT: E-Auction is part of the auction process that emphasized in the bargaining price. The depth assessment of access point quality in the access point auction must be in the praqualification. The assessment is not only on the bidding price, but also on the technical values to get the best goods. The method is used for this do not see the values of the technical detail.
To get the best access point, need to be calculated the important one attribute compared with the other attributes then given weight and sorted. In this essay, the calculation used MAGIQ. MAGIQ method used in both cases the multi-attribute and multi-level attributes. For example the access point auction.
In this essay have been developed e-auction application in case study on access point auction with MAGIQ. MAGIQ will ranked and gives weight simultaneously. MAGIQ in this application may be an alternative method of access point auction. The process on variations of ranked and weightiness in the number of attributes is more than the variations in the number of alternatives. Application provide an alternative solution which is the same as the actual results of the auction.Keyword: e-auction, MAGIQ, access point

Subjek

Rekayasa Perangkat Lunak
 

Katalog

Analisis dan Implementasi E-auction Menggunakan Metode Multi-Attribute Global Inference of Quality (MAGIQ) (Studi Kasus : Tender Access point)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FIBIE ROOSADHY
Perorangan
Mahmud Imrona, Retno Novi Dayawati
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini