KEAMANAN DATA PADA GPRS MENGGUNAKAN ALGORITMA RSA BERBASIS J2ME

KRIDA KUSUMA

Informasi Dasar

113020185
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: General Packet Radio Service (GPRS) merupakan salah satu servis pada jaringan Global System for Mobile Communication (GSM). GSM sendiri merupakan teknologi seluler yang saat ini banyak dipakai di seluruh dunia. Dengan GPRS, komunikasi data dapat dilakukan antar mobile device. Salah satu aplikasi yang sudah umum pada GPRS adalah internet atau intranet.
Dalam kenyataannya keamanan data pada GPRS merupakan salah satu aspek penting. Misalkan seorang anggota badan intelegen, tentunya tidak ingin data atau informasinya bocor dan diketahui oleh pihak umum. Untuk itu diperlukan suatu sistem keamanan yang dapat menjaga data pada saat transmisi. Salah satu sistem yang digunakan untuk menjaga kemanan tersebut yaitu kriptografi. Algoritma yang dipakai untuk kriptografi antara lain adalah algoritma Riverst Shamir Adleman (RSA). RSA merupakan salah satu algoritma enkripsi terbukti handal untuk menjaga kerahasiaan suatu data, hal ini dikarenakan RSA merupakan algoritma enkripsi asimetris/public-key cryptosystem , yang memerlukan sepasang kunci, yang satu untuk mengenkrip menggunakan public key dan yang lainnya untuk mendekrip memakai private key.
Dalam tugas akhir ini akan dibangun suatu sistem keamanan data pada GPRS menggunakan kriptografi dengan algoritma RSA pada mobile device menggunakan teknologi Java 2 Micro Edition (J2ME). J2ME sendiri merupakan teknologi dari Java untuk membangun sebuah aplikasi pada mobile device.
Kata Kunci : GPRS, GSM, mobile device, kriptografi, RSA, asimetris/public-keyABSTRACT: General Packet Radio Sevice (GPRS) is one of services on Global System for Mobile Communication (GSM). GSM is celluler communication technology. With GPRS, data communication can did by two or more between mobile device. One of application of GPRS is internet or intranet
The fact of data transmission security on GPRS is a important aspect. Such as a member of Intelegent Insitute or army want to send data that is secret, course he do not want the data is known by public. So that is neened security system to quarantee security while data transmission. One of them is used cryptography. The algorithm that is used for cryptography is Riverst Shamir Adleman (RSA) algoritm. RSA is one of encryption algorithm that security was proofed. It is coused RSA is included to asimtric algorithm or public-key cryptosystem, that has two key, one key for encrypt is called public key and the other for decrypt is called private key.
Keyword: GPRS, GSM, mobile device, cryptography, RSA, asimetric/publickey

Subjek

Sistem Komputer dan Jaringan Komputer
 

Katalog

KEAMANAN DATA PADA GPRS MENGGUNAKAN ALGORITMA RSA BERBASIS J2ME
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

KRIDA KUSUMA
Perorangan
Maman Abdurohman, -
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2007

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini