Analisa dan Implementasi Enkripsi Audio Secara Real-Time pada Media Transmitter-Receiver Half Duplex dengan Algoritma RSA

NUR HADI DWI ANGGORO PUTRO

Informasi Dasar

113020170
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Peralatan transmisi berbasis broadcast merupakan salah satu perangkat telekomunikasi yang murah. Kendala terbesar dalam pengoperasiannya adalah masalah privacy dan security. Salah satu solusi dari masalah tersebut adalah dengan jalan melakukan enkripsi terhadap materi yang dikirimkan.
Dalam menghadapi kasus penanganan broadcast, maka metode enkripsi yang paling sesuai adalah menggunakan publik key untuk memberikan nilai selektif terhadap pemakai, untuk itu algoritma RSA sudah mempunyai kriteria yang cukup untuk diterapkan dalam masalah ini.
Secara umum sistem ini menerima inputan berupa suara, kemudian dilakukan proses pengenkripsian menggunakan RSA dan dikirim melalui media transmisi. Hasil transmisi ini diterima oleh penerima dan dilakukan proses dekripsi dan playing. Sebagai alat bantu pengiriman, digunakan simulator transmitter, yang mengambil referensi spesifikasi modul TRF-2.4G, yang berjalan pada frekuensi 2.4GHz, dengan lebar bandwidth hingga 1Mb/s.
Dalam percobaan ditemukan bahwa waktu komputasi enkripsi RSA jauh lebih kecil apabila dibandingkan dengan waktu dekripsinya. Kunci RSA yang lebih panjang mempunyai tingkat performansi lebih baik apabila memproses data dalam skala yang besar.
Format audio yang sesuai adalah jenis format audio dengan kualitas rendah. Secara teori, semakin kecil besarnya buffer, maka semakin tinggi respon audio yang didapatkan.
Dengan memperhitungkan keseluruhan delay yang didapat dalam setiap segmen proses sistem, maka sistem dapat dikategorikan real-time.
Kata Kunci : audio, bandwidth, broadcast, key, privacy, real-time, RSA, securityABSTRACT: Broadcast based transmission is one of the cheapest telecomunication ware. The greatest problem is about privacy and security. Solution for that problem are giving some computer control to manage it, by using encryption toward material that would be sent.
Within broadcast case, the most suitable encryption method are using public key to give selective value to Users, so sender could select destination that would be considered, without any doubt that their message could be decrypted by another ones. For this case, RSA algorithm have enough criteria to be applied.
Commonly, this system is receiving audio, then encrypting using RSA and sending through transmission media. Transmission value is received by receiver and being decrypting or playing. As for the transmission tools, used transmitter simulator which referencing TRF-2.4G module, on 2.4GHz frequency, with 1Mb/s bandwidth.
Within experiment found that encryption computation is higher than decryption process. RSA with longer keys had better performance than shorter one, if using to processing greater data.
Audio formats thats suitable are is lower quality ones. As the theorems, if buffer shorter then audio response is better.
Counting all delays for each process segments, this system could be consider as a real-time system.
Keyword: audio, bandwidth, broadcast, key, privacy, real-time, RSA, security

Subjek

Sistem Komputer dan Jaringan Komputer
 

Katalog

Analisa dan Implementasi Enkripsi Audio Secara Real-Time pada Media Transmitter-Receiver Half Duplex dengan Algoritma RSA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NUR HADI DWI ANGGORO PUTRO
Perorangan
Fazmah Arief Yulianto, Tri Brotoharsono
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini