Redesign dan Reimplementation My Databook dengan Design Patterns

Aris Setyawan

Informasi Dasar

113020166
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Maintenance aplikasi My DataBook (MDB) sangat sulit. Pengembangan aplikasi ini masih menggunakan metode struktural sehingga tidak dapat dipungkiri lagi bahwa desain ini masih kurang optimal dari beberapa sisi jika dibandingkan dengan metode berorientasi objek. Mendesain perangkat lunak dengan metode berorientasi objek sangat susah, dan mendesain perangkat lunak yang reusable dengan metode berorientasi objek lebih susah lagi. Harus dicari objek-objek yang saling berkaitan, memecahnya menjadi beberapa kelas dengan granulatity yang tepat, mendefinisikan interface kelas dan hirarki inheritance, dan menentukan relasi diantara kelas-kelas tersebut. Di suatu sisi desain yang dihasilkan harus spesifik pada permasalahan, tapi pada sisi lain harus cukup general untuk mengatasi kebutuhan di masa yang akan datang.
Pada Tugas Akhir (TA) ini akan dilakukan redesign dan reimplementation suatu perangkat lunak yang disebut dengan MDB dengan design pattern. Patternpattern yang digunakan meliputi Creational Pattern, Structural Pattern, dan Behavioral Pattern. Sedangkan Interpreter yang digunakan adalah PHP 5.
Kesimpulan yang diharapkan dari pembuatan TA ini antara lain adalah Menjadikan kode program MDB menjadi maintainable dan memiliki tingkat reusability dan readability yang tinggi sehingga mudah diubah sesuai dengan kebutuhan sistem.Kata Kunci : Design patterns, reusability, readabilityABSTRACT: Maintaining MDB application is very dificult. This application development still uses structural method, so its design is not optimal yet compared to objectoriented method. Designing software in object-oriented is very hard, and designing reusable object-oriented software is even harder. You must find pertinent objects, factor them into classes at the right granularity, define class interfaces and inheritance hierarchies, and establish key relationships among them. The design should be specific to the problem at hand but also general enough to address future problems and requirements.
This final project will redesign and reimplementation an application which called MDB using design patterns. The patterns which used are Creational Pattern, Structural Pattern, and Behavioral Pattern. And the interpreter is PHP 5’s interpreter.
The conclusions expected from the final project are convert MDB’s code maintainable and has high level reusability that easy to change to address future requirements.
Keyword: Design patterns, reusability, readability

Subjek

Rekayasa Perangkat Lunak
 

Katalog

Redesign dan Reimplementation My Databook dengan Design Patterns
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Aris Setyawan
Perorangan
Dana Sulistyo Kusumo, -
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2007

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini