IMPLEMENTASI SCORM PADA CONTENT AUTHORING TOOLS ELEARNING

Adri Yudo Pratomo

Informasi Dasar

113020155
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: SCORM (Sharable Content Object Model) adalah sebuah standarisasi e-Learning yang telah berhasil mengatasi masalah interopability dan reusability. Namun bagaimana SCORM menerapkan masalah keberagaman skenario aktivitas pembelajaran yang ada didunia nyata. Maka pada versi terbarunya, yakni SCORM 2004 telah dikembangkan fitur sequencing dan navigation yang akan mengatasi permasalahan keberagaman skenario aktivitas pembelajaran. Selanjutnya untuk membuat suatu content learning yang mendukung SCORM tidak mudah maka dibutuhkannya suatu tool untuk mempermudah pada pengembang content learning dalam membuat suatu content learning.
Pada Tugas Akhir ini dibangun aplikasi SCORM content Authoring Tool dengan tujuan mempermudah pembuatan SCORM content learning. Selain itu dibuat juga content learning yang memiliki kemampuan sequencing dan navigation menggunakan aplikasi Authoring Tool yang telah dibuat. Content learning yang dibangun memiliki skenaro aktivitas yakni aktivitas prerequisit dan remediation.
Hasil Tugas Akhir adalah studi analisis bagaimana konsep sequencing dan navigation SCORM 2004 diterapkan. Dan juga bagaimana suatu aplikasi Authoring Tool diterapkan agar menghasilkan content learning yang support SCORM.Kata Kunci : SCORM, interopability, reusability, sequencing, navigation.ABSTRACT: SCORM (Sharable Content Object Model) is an e-Learning standard which has successfully solved interoperability and reusability problem. Yet, how SCORM implements real world learning activities scenarios which are vary. Its latest version, SCORM 2004, has been developed with sequencing and navigation features to solve the diversities problem of learning activities scenarios. Subsequently, to create content learning which support SCORM is not an easy task, a tool to help content learning developers is needed.
In this final task, a SCORM Content Authoring Tool application will be developed, which is aimed to simplify SCORM Content Learning development. Besides, it will also developed a content learning with sequencing and navigation capabilities using Authoring Tool which has previously created. The content learning created in prerequisite and remediation scenarios.
The result of this final task is an analysis about how SCORM 2004’s concepts of sequencing and navigation are implemented. Also how an Authoring Tool application are implemented in order to create a SCORM-compatible content learning.Keyword: SCORM, interoperability, reusability, sequencing, navigation

Subjek

Rekayasa Perangkat Lunak
 

Katalog

IMPLEMENTASI SCORM PADA CONTENT AUTHORING TOOLS ELEARNING
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Adri Yudo Pratomo
Perorangan
Yanuar Firdaus A.W., Sri Widowati
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini