ANALISIS DAN IMPLEMENTASI INVERSI TRAVELTIME TOMOGRAPHY DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK CONJUGATE GRADIENT (CG) ANALYSIS AND IMPLEMENTATION OF INVERSION TRAVELTIME TOMOGRAPHY USING CONJUGATE GRADIENT (CG)

INTEN ICHSANY INSAN

Informasi Dasar

113020123
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Teknik inversi traveltime tomography dikembangkan untuk menggambarkan struktur lapisan tanah berdasarkan respon gelombang akustik yang dialirkan ke dalam area sedang diamati. Masalah utama dari tomografi terletak pada bagaimana menghasilkan interpretasi gambar yang sesuai dengan bentuk asli struktur lapisan tanah pada area yang sedang diamati dari data waktu tiba pertama gelombang pada receiver (travelitme).
Pada Tugas Akhir ini penulis melakukan teknik tomografi dengan pendekatan Aljabar Linear dengan melakukan inversi untuk menghasilkan solusi yang merupakan respon gelombang dari setiap medium yang dilewati, yaitu berupa distribusi kecepatan pada setiap sel. Permasalahan yang dihadapi ekivalen dengan mencari solusi dari kumpulan Sistem Persamaan Linear yang mungkin tidak konsisten. Teknik Conjugate Gradient (CG) dipilih penulis dengan pendekatan kuadratik untuk mencari Solusi Kuadrat Terkecil yang paling optimum. Distribusi kecepatan yang dihasilkan nantinya diinterpretasikan dengan sebuah citra bentuk lapisan bumi.
Pengujian yang telah dilakukan pada lima buah model dasar karakteristik lapisan bumi, yaitu Zona Kecepatan Tinggi, Zona Kecepatan Rendah, Model Berlekuk, Model Berundak, dan Model Lapisan Keras dengan masing-masing diberikan tebakan awal dengan distribusi kecepatan homogen yang bervariasi. Dari hasil pengujian dengan asumsi lintasan (raypath) lurus diperoleh solusi yang cukup memuaskan untuk karakteristik Zona Kecepatan Tinggi dan Rendah pada jumlah iterasi yang sama untuk seluruh percobaan dengan masing-masing nilai RMSE terendah yang diraih adalah 1.363m/s dan 0.487 m/s.Kata Kunci : inversi, traveltime tomography, raypath, Conjugate Gradient (CG).ABSTRACT: Inversion traveltime tomography technique is improved to visualize subsurface condition based on respond its area to the given wave acoustic. The prominent problem of tomography is how to get a suitable interpretation that match with the real condition of subsurface from traveltime data in receiver.
In this final project, the writer use Linear Algebra approach in inversion to get solution of wave respond in each medium, that is velocity distribution in each cell. The problem is equivalent with find the solution from set of Linear Equation System that may not consistent. The Conjugate Gradient in chosen with quadratic approach in finding an optimum least squares problems. The velocity distribution will be interpreted in an image of subsurface.
It is used five basic characteristic of subsurface in testing, which is High Velocity Zone, Low Velocity Zone, Bumpy Model, Step Model, and Hard Layer Model, each of them are given a various of homogeneity velocity distribution. From the testing, it yielded a satisfied solution for High and Low Velocity Zone in the same iteration for all sample with the smallest RMSE are 1.363m/s and 0.487 m/s.Keyword: inversion, traveltime tomography, raypath, Conjugate Gradient (CG).

Subjek

other
 

Katalog

ANALISIS DAN IMPLEMENTASI INVERSI TRAVELTIME TOMOGRAPHY DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK CONJUGATE GRADIENT (CG) ANALYSIS AND IMPLEMENTATION OF INVERSION TRAVELTIME TOMOGRAPHY USING CONJUGATE GRADIENT (CG)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

INTEN ICHSANY INSAN
Perorangan
-
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2006

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini