Implementasi dan Analisis E-auction Menggunakan Metode AHP dan Dynamic-MVB Pada Tender Perangkat Broadband Wireless Access (BWA)

Gunawan Prasetyo

Informasi Dasar

113020071
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: E-auction adalah salah satu bagian dari proses tender dimana untuk mendapatkan pemenang tender harus dilakukan proses tawar menawar. Di dalam proses tender, seharusnya penilaian terhadap kualitas menjadi point yang lebih penting. Proses penilaian tidak hanya dilakukan terhadap aspek harga saja, tetapi juga meliputi aspek teknis yang dapat dilakukan pada tahap pra kualifikasi.
Dalam tugas akhir ini telah dikembangkan aplikasi e-auction untuk tender perangkat BWA dengan menggunakan metode AHP dan Dynamic-MVB. Untuk mendapatkan barang sesuai yang diinginkan pihak penyelanggara tender, perlu dilakukan pembobotan dari setiap atribut yang dibandingkan dengan atribut yang lain. Dalam tugas akhir ini, proses pembobotan menggunakan metode AHP yang dapat memecah persoalan yang kompleks menjadi lebih sederhana dengan struktur hirarki, yang kemudian dilakukan proses perangkingan menggunakan metode Dynamic-MVB.
Hasil keluaran dari aplikasi ini adalah berupa sebuah pemenang tender beserta harga yang ditawarkan. Berdasarkan pengujian variasi jumlah atribut dan jumlah alternatif, pada variasi jumlah atribut menghasilkan proses pembobotan dan perangkingan lebih banyak daripada variasi jumlah alternatif. Aplikasi ini dapat direkomendasikan untuk menjadi alternatif pada proses tender perangkat BWA. Berdasarkan CSI, pengguna merasa puas dengan aplikasi yang telah dibuat.Kata Kunci : e-auction, BWA, AHP, Dynamic-MVB, tenderABSTRACT: E-Auction is a part of a tender process which to get the tender winner must be done a bargaining process. In the tender process, the assessment of quality should be a more important point. Assessment process is not only carried out on aspects of price, but also includes technical aspects which can be done in the pre qualification stage.
In this final project, an application has been developed for e-Auction tender BWA devices using the AHP and Dynamic-MVB methods. For obtaining the goods according to the coveted tender organizer, we need to do the balancing from each attribute that is compared to other attributes. In this final project, the balancing process uses the AHP method solves the complex problems to simplify using a simple hierarchical structure, then do the ranking process by using the Dynamic-MVB ranking method.
The output from this application form is the winner of tender along with the offered price. Based on the variations of attributes and alternatives test, in attributes variances result in the balancing and ranking processare more than the number of alternatives variation. This application can be recommended for the alternative tender process of BWA device. Based on the CSI, the users will feel satisfied with the application that have been developed.Keyword: e-auction, AHP, Dynamic-MVB, BWA

Subjek

Rekayasa Perangkat Lunak
 

Katalog

Implementasi dan Analisis E-auction Menggunakan Metode AHP dan Dynamic-MVB Pada Tender Perangkat Broadband Wireless Access (BWA)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Gunawan Prasetyo
Perorangan
Mahmud Imrona, Retno Novi Dayawati
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini