IMPLEMENTASI CASE-BASED REASONING DAN RULE-BASED REASONING UNTUK KONSELING MAHASISWA DI STT TELKOM CASE-BASED REASONING AND RULE-BASED REASONING IMPLEMENTATION FOR STUDENT COUNSELING IN STT TELKOM

MARDIANTI MARLIAN

Informasi Dasar

113020001
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Mahasiswa merupakan generasi penerus yang merupakan motor penggerak pembangunan bangsa. Namun, lepas dari semua itu mahasiswa hanyalah manusia biasa yang juga diliputi masalah terutama yang dihadapi pada jenjang perkuliahan. Tidak semua mahasiswa dapat melewati jenjang ini dengan mulus, tidak sedikit pun yang harus mengalamai Dropped Out (DO) karena masalah seperti kemampuan akademik yang kurang, kurangnya dukungan dari keluarga, keadaan ekonomi yang sulit, dan lain-lain yang tidak bisa dipecahkan secara optimal.
Dalam tugas akhir ini, akan dibahas salah satu cara untuk mengatasi permasalahan melalui konseling mahasiswa. Konseling mahasiswa, dilakukan dengan menggunakan sistem perangkat lunak yang secara interaktif mencoba menganalisa masalah yang sedang dihadapi oleh seorang mahasiswa, dan memberikan solusi yang tepat atas masalah tersebut.
Metode yang digunakan dalam tugas akhir ini adalah case-based reasoning dan rule-based reasoning. Case-based reasoning merupakan paradigma yang menekankan penyelesaian masalah dengan berdasarkan pada kasus-kasus sebelumnya. Pada metode ini, terdapat learning yaitu proses belajar sehingga kasus baru yang ditemukan akan menjadi pengetahuan baru bagi basis pengetahuan. Sedangkan metode rule-based reasoning digunakan untuk mengidentifikasi penyebab masalah yang dialami tersebut.Kata Kunci : case-based reasoning, rule-based reasoning, mahasiswa, konseling, dan masalah.ABSTRACT: The raise of this nation is depending on the next generation, i.e. the university student. However, they are also human being that always struggle with problems especially in their college. Not all of them could pass this stage easily, or maybe ended Dropped Out (DO) because lack of academic ability, unsupported family, not able to pay the costs, and other problems that cannot be solved.
Counseling is a very good alternative ways to solve out these problems. In this final project, the student could interact with the software system in such interactive way. The system will analyze the problem faced by them, and give the right solution for that problem.
The used methods are case-based reasoning and rule-based reasoning. Case-based reasoning is a paradigm that focuses on solving problem based on the previous cases. In this method, learning is used as a learn process so that the solution of the new case will become new input to the knowledge base. The rule-based reasoning is used to identify the cause of the problems.Keyword: case-based reasoning, rule-based reasoning, college student, counseling, and problem.

Subjek

other
 

Katalog

IMPLEMENTASI CASE-BASED REASONING DAN RULE-BASED REASONING UNTUK KONSELING MAHASISWA DI STT TELKOM CASE-BASED REASONING AND RULE-BASED REASONING IMPLEMENTATION FOR STUDENT COUNSELING IN STT TELKOM
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MARDIANTI MARLIAN
Perorangan
-
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2006

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini