KOMUNIKASI PESAN PADA APLIKASI MOBILE DENGAN GEO-LOCK ENCRYPTION

Novandika Dwipayana

Informasi Dasar

113010164
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Sudah sejak dari dulu ketika manusia menginginkan agar dalam pengiriman pesan (Message) hanya orang yang dituju sajalah yang mampu membacanya. Hal ini untuk mencegah orang lain dapat membuka dan membaca isi pesan (Message) untuk kerahasiaan yang hanya ditunjukan kepada penerima tersebut. Security merupakan bagian yang sangat penting dalam proses tersebut.
Dalam bidang telekomunikasi yang kemajuannya sangat pesat pun proses pengiriman message juga membutuhkan kerahasiaan. Teknologi telekomunikasi dimasa ini mengalami perkembangan kearah mobile (bergerak) sehingga setiap orang tidak hanya selalu berada dalam satu tempat, tetapi diberbagai tempat dengan melakukan aktifitas. Pocket PC merupakan salah satu mobile Application yang sangat umum digunakan oleh setiap orang dalam membantu aktifitas mereka dalam berbagai hal, salah satunya adalah untuk berkomunikasi.
Encryption location based atau geo-lock encryption merupakan suatu metode enkripsi yang akan mengenkripsi informasi ,dalam hal ini berupa data dalam bentuk file text yang dinamakan plaintext dan hanya dapat di-decrypt pada lokasi tertentu. Untuk mendekripsi data tersebut diperlukan suatu penerima GPS yang tersedia pada mobile application.
Pada tugas akhir ini dilakukan analisa tentang geo-lock encryption dan mengimplementasikannya dalam bentuk perangkat lunak yang mampu mengenkripsi data dan dengan bantuan dari penerima GPS pada mobile application sehingga dapat mendekripsi data yang terenkripsi pada lokasi yang sudah ditentukan.Kata Kunci : Security , Encryption location based , Geo-lock encryption, mobile,ABSTRACT: It is human nature to be able to deliver message for the intended person only. This is crucial to prevent another people to open and read the message for privacy reason. Hence, security is an important part of message delivery process.
In the very rapidly-developing telecommunication technology, message delivery process also requires message encryption. Recently, telecommunication technology has shifted toward mobile telecommunication that enables message delivery from different places at any time. Pocket PC is an example of the commonly used mobile application that facilitates various functions to help the user with their activities including for communications.
Location-based encryption or geo-lock encryption is an encryption method that describes information, in this case data in form of file text also called plaintext and can only be decrypted at certain location. To describe the data, it requires a GPS receiver available in the mobile application.
In this final assignment, we analyze the geo-lock encryption system and implement it in a form of software that capable to describe the decrypted-data at a certain location with the assistance of the GPS receiver in the mobile application.Keyword: Security , Encryption location based , Geo-lock encryption, mobile

Subjek

Sistem Komputer dan Jaringan Komputer
 

Katalog

KOMUNIKASI PESAN PADA APLIKASI MOBILE DENGAN GEO-LOCK ENCRYPTION
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Novandika Dwipayana
Perorangan
Moch. Zuliansyah., Maman Abdurohman
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini