Desain dan Implementasi Prinsip Design Pattern untuk Perangcangan Sistem Informasi Akuntansi (Studi Kasus : PT. TTI Trans Global Jakarta)

Aditya Krismansyah

Informasi Dasar

113010129
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Sistem informasi akuntansi adalah sebuah sistem informasi yang mempunyai fungsi dan tujuan untuk mengumpulkan, memproses, dan melaporkan informasi-informasi yang berhubungan dengan aktifitas transaksi keuangan. Seiring perkembangan jaman, kegiatan perekonomian menemui suatu titik dimana kecepatan dan ketepatan kinerja menjadi suatu tolak ukur performansi suatu pelaku ekonomi. Kebutuhan akan sistem informasi akuntansi pun makin mutlak banyak dibutuhkan untuk mendukung kegiatan operasional perusahaan. Oleh karena itu tidak lazim lagi kiranya jika seorang perancang perangkat lunak harus membuat sistem informasi akuntansi dari awal lagi. Jika terdapat sebuah pola untuk perancangan sistem informasi akuntansi, maka pengembang tersebut dapat mengacu pada pola tersebut dengan menambahkan spesifikasi-spesifikasi yang ia perlukan tanpa harus merancang dari awal.
Pola desain (design pattern) merupakan solusi yang sederhana dan elegan untuk permasalahan tertentu didalam perancangan perangkat lunak dengan menggunakan metode berorientasi objek. Dengan kata lain, pola desain telah menyediakan beberapa penyelesaian masalah untuk beberapa kasus perancangan yang sering ditemui. Saat ini terdapat 23 jenis pola yang memudahkan para perancang untuk menciptakan rancangan yang lebih fleksibel, elegan, dan dapat digunakan kembali tanpa harus menemukan kembali solusi perancangan itu sendiri.
Pada tugas akhir ini, pola desain akan diimplementasikan untuk membangun sebuah perangkat lunak sistem informasi akuntansi berdasarkan studi kasus pada PT. TTI Trans Global. PT. TTI Trans Global adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan batubara (coal trading) untuk memenuhi baik permintaan domestik maupun internasional. Karena derasnya arus lalu lintas keuangan, perusahaan ini membutuhkan suatu sistem informasi untuk dapat mendukung kegiatan operasionalnya. Sistem informasi ini nantinya diharapkan akan dapat mengumpulkan, memproses, dan melaporkan informasiinformasi yang berhubungan dengan transaksi-transaksi keuangan perusahaan tersebut serta dapat diakses secara on-line.
Metode yang akan diterapkan di dalam tugas akhir ini adalah metode pola desain berorientasi objek dalam mendefinisikan kebutuhan sistem yang akan dikembangkan. Untuk pemodelan, akan menggunakan Unified Modelling Language (UML) dan Rational Rose. Untuk implementasi, perangkat lunak ini akan menggunakan bahasa pascal dengan Borland Delphi sebagai antar mukanya.Kata Kunci : design, pattern, berorientasi objek, akuntansi.ABSTRACT: Accounting information system is an information system which possess a function and purpose to gather, process, and report all financial transaction related information. As period development, the economical activity has reach a point where speed and precisement of occupation is becoming a performance measure of an economical person. The necessity of an accounting information system is absolutely needed to support a company operational activity. For that, it is unlikely no more if a software designer has to make an accounting information system right form the bottom. If there is a pattern for designing an accounting information system, then the developer can refer to that pattern by adding some specification they needed without having to design from ground zero.
Design pattern is an elegant and simple solution for a typical problem in designing software using object oriented method. In other word, design pattern has provide some solutions for some common case of design. Right now there is 23 patterns allowing designer to create more flexible, elegant, and ultimately reusable design without having to rediscover the design solutions themself.
In this final assignment, the design pattern will be implemented to build an accounting information system software based on case study at PT. TTI Trans Global. PT. TTI Trans Global are one of the company specialized in coal trading to fulfill domestic and international market. Because the swift of financial traffic, the company need an information system to support its operational activity. This information system later expected will be able to gather, process, and report all the company related financial transaction information and also will be able to be accessed on-line.
Method to be implemented in this final assigment is object oriented design pattern in defining the system requirments which will be developed. For modelling, Unified Modelling Language and Rational Rose will be used. For implementation, this software will be using pascal proggramming language with Borland Delphi as interface.Keyword: design, pattern, object oriented, accounting.

Subjek

Rekayasa Perangkat Lunak
 

Katalog

Desain dan Implementasi Prinsip Design Pattern untuk Perangcangan Sistem Informasi Akuntansi (Studi Kasus : PT. TTI Trans Global Jakarta)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Aditya Krismansyah
Perorangan
Dana Sulistyo Kusumo, Arie Ardiyanti Suryani
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2007

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini