Sistem Pengenalan Karakter Braille dengan Metode Image Correlation

I Made Wirawan Dwi Putra

Informasi Dasar

113010094
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Abstrak Braille adalah sistem penulisan yang memungkinkan penyandang tuna netra dan orang yang tidak dapat melihat secara normal untuk membaca dan menulis dengan cara meraba tulisan tersebut. Ditemukan oleh Louis Braille (1809- 1852), seorang guru berkebangsaan Prancis yang mengajar penyandang tuna netra. Braille terdiri dari pola enam titik yang tersusun pada blok dengan konfigurasi 3 x 2. Setiap blok mewakili sebuah huruf, angka atau tanda baca.
Pada tugas akhir kali ini dibangun aplikasi yang bisa mengenali teks karakter Braille dengan menggunakan algoritma Template Matching dengan metode Image Correlation. Metode ini melakukan pengenalan karakter dengan cara menggerakkan template ke setiap posisi dalam sebuah image dan mengevaluasi tingkat kesamaan dari setiap posisi yang telah dilalui.
Pembangunan sistem ini dilakukan dengan menggunakan Microsoft Visual Studio 2005. Dari hasil pengujian didapat pola semakin kecil nilai SAD maka jumlah karakter Braille yang ditemukan akan semakin mendekati jumlah karakter Braille sebenarnya.
Kata Kunci : Braille, Template Matching, Image Correlation.ABSTRACT: Abstract Braille is writing system which enables blind and partially sighted people to read and write through touch. It was invented by Louis Braille (1809-1852), a French teacher of the blind. It consists of patterns of raised dots arranged in cells of up to six dots in a 3 x 2 configuration. Each cell represents a letter, numeral or punctuation mark.
In this final assignment is develoved application to recognize Braille character text with Template Matching algorithm using Image Correlation method. Image Correlation conduct character recognition by comparing image patterns with image template. This method conduct character recognition by moving template to every position in a image and evaluate equality level from each position which have been passed by. Character recognition accuration using this method depending on image condition and template size.
System development built using Microsoft Visual Studio 2005. From the test we get the pattern if smaller SAD value resulting sum of Braille character found more closed with sum of real character.
Keyword: Braille, Template Matching, Image Correlation.

Subjek

Informatika Teori dan Pemrograman
 

Katalog

Sistem Pengenalan Karakter Braille dengan Metode Image Correlation
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

I Made Wirawan Dwi Putra
Perorangan
Retno Novi Dayawati, Tjokorda Agung Budi Wirayuda
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini