IMPLEMENTASI DAN ANALISA APLIKASI INSTANT MESSAGING PADA HANDPHONE DENGAN PROTOKOL XMPP (IMPLEMENTATION AND ANALYSIS INSTANT MESSAGING APPLICATION FOR HANDPHONE WITH XMPP PROTOCOL)

ADITYA PATRIAWAN

Informasi Dasar

113010088
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: IM (Instant Messaging) merupakan layanan penyampaian pesan instant yang dirancang untuk terus berhubungan dengan IMS (Instant Messaging Service) server sehingga dapat kapan saja menerima pesan yang ditujukan pada user atau sebaliknya digunakan kapan saja untuk mengirim pesan kepada user IM lainnya. Saat ini sudah banyak terdapat handphone dengan fasilitas instant messaging dengan protokol Wireless Village yang belum menjadi standard IETF dan hanya dispesifikasikan untuk mobile device. Selain itu terdapat pula protokol XMPP (Ekstensible Messaging and Presence Protocol) yang merupakan standar IETF sebagai teknologi instant messaging.
Pada Tugas akhir ini telah dibangun sebuah instant messaging dengan protokol XMPP yang diintegrasikan dengan media mobile device yaitu Handphone, fungsi-fungsi pokok untuk Instant Messaging seperti Sign In, Show Roster, Send Message, Receive Mesage dan Sign Out telah berfungsi dengan baik.
Response Time proses login dan pengiriman message serta penerimaan message pada aplikasi ini tidak berbeda dengan aplikasi Instant Messaging lainnya lainnya bahkan lebih cepat jika dibandingkan dengan aplikasi Instant Messaging pada handphone yang menggunakan protokol Wireless Village. Biaya yang digunakan untuk proses login dan pengiriman message serta penerimaan message pada pada aplikasi ini relative lebih sedikit jika dibandingkan dengan aplikasi Instant Messaging pada handphone yang menggunakan protokol Wireless VillageKata Kunci : instant messaging, handphone, xmpp, xml, j2meABSTRACT: Instant Messaging Services (IMS), representing a technology of real time so that user as direct communicate with the other user. Instant Messenger (IM) designed to be kept in touch by IMS server so that earn any time accept the message addressed at user or on the contrary used any time to send the message to other user IM.. In this time, a lot of handphone with the facility of instant messaging with the protocol of Wireless Village which not IETF standard and only specificies for mobile device. Others, protocol XMPP (Extensible Messaging and Presence Protocol) representing standard IETF as technology of instant messaging.
This final Project has developed instant messaging with the protocol XMPP integrated with the media of mobile device, Handphone, the main function for Instant Messaging like Sign In, Show Roster, Send Message, Receive Mesage and Sign Out can be going on.
The response time login process, send message and receive message in this application as like with other Instant Messaging Application even faster than Instant Messaging Application for handphone with Wireless Village protocol. The cost for login process, send message and receive message in this application cheaper than Instant Messaging Application for handphone with Wireless Village protocol.Keyword: instant messaging, handphone, xmpp, xml, j2me

Subjek

other
 

Katalog

IMPLEMENTASI DAN ANALISA APLIKASI INSTANT MESSAGING PADA HANDPHONE DENGAN PROTOKOL XMPP (IMPLEMENTATION AND ANALYSIS INSTANT MESSAGING APPLICATION FOR HANDPHONE WITH XMPP PROTOCOL)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ADITYA PATRIAWAN
Perorangan
-
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2006

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini