ENKRIPSI DATA XML DIGITAL SIGNATURE DENGAN ALGORITMA RSA (STUDI KASUS LISENSI APLIKASI) XML DIGITAL SIGNATURE DATA ENCRYPTION WITH RSA ALGORITHM (CASE STUDY APPLICATION LICENSE)

ANDI SULISTIANTO

Informasi Dasar

113010087
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Bagi suatu developer pembuatan suatu lisensi aplikasi adalah hal yang sulit untuk diterapkan, hal ini terbukti dengan maraknya pembajakan perangkat lunak. Banyak solusi yang ditawarkan untuk melakukan lisensi aplikasi, salah satunya adalah dengan menggunakan XML digital signature. XML digital signature hanya menangani keaslian data, oleh karena itu dibutuhkan suatu teknik enkripsi yang dapat melindungi isi dari XML digital signature. Alasan dipergunakannya XML adalah karena XML sangatlah fleksibel sehingga dengan XML dapat dilakukan pertukaran data antar aplikasi yang berbeda.
Tugas akhir ini bertujuan untuk mencari cara menerapkan XML digital signature pada pelisensian aplikasi, kemudian melakukan enkripsi terhadap digital signature tersebut, dan melakukan pengukuran terhadap waktu yang dibutuhkan untuk mengenkripsi dan mendekripsi. Untuk mewujudkan tujuan tersebut maka akan dilakukan penerapan XML digital signature pada pelisensian aplikasi dengan cara membuat sebuah modul yang memeriksa keabsahan dari dokumen XML, kemudian menerapkan algoritma enkripsi RSA terhadap digital signature tersebut, lalu mengukur waktu yang dibutuhkan untuk mengenkripsi dan mendekripsi di sisi client dan di sisi server serta melakukan perbandingan dengan menggunakan panjang key yang berbeda.
Dengan menggunakan dokumen XML sebagai lisensi aplikasi, maka kita sebagai developer dapat mengatur siapa saja yang akan menggunakan aplikasi dan seberapa lama mereka dapat menggunakannya. Dokumen XML yang menjadi digital signature berisi sesuatu yang unik untuk setiap klien yang berupa Harddisk Serial Number klien, sehingga sangat sulit untuk digandakan ataupun diubah.Kata Kunci : lisensi, RSA, XML digital signature, Harddisk Serial number.ABSTRACT: For a developer, the making of an application license is a difficult thing to be applied, its proven with a lot of software piracy. There are many solution offered to make an application license, one of it by using XML digital signature. Its only handling data originality, thus need an encryption technique that can protect its content from XML digital signature. The reason why using XML is because XML is very flexible, that can make a data switch between different application.
This final Assignment objective is to find a way applying XML digital signature on application license, then encrypted to that digital signature, and measure the time to encrypt and decrypt. To make the objective, it will doing an XML digital signature applied at the application license by making a module that check legality of an XML document, then applying RSA encryption algorithm to the digital signature, then measuring time to encrypt and decrypt at client side and server side and make a consideration using different key length.
By using XML document as an application license, then we as a developer can arrange everyone who will using the application and how long they will use it. A digital signature XML document contents something unique to every client as a client Harddisk Serial Number, then it will be hard to copied or changed.Keyword: license, RSA, XML digital signature, Harddisk Serial number.

Subjek

other
 

Katalog

ENKRIPSI DATA XML DIGITAL SIGNATURE DENGAN ALGORITMA RSA (STUDI KASUS LISENSI APLIKASI) XML DIGITAL SIGNATURE DATA ENCRYPTION WITH RSA ALGORITHM (CASE STUDY APPLICATION LICENSE)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANDI SULISTIANTO
Perorangan
-
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2006

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini