IMPLEMENTASI DAN ANALISA BEBERAPA METODE KLASIFIKASI UNTUK MENENTUKAN ATURAN PADA LOKASI RAWAN KECELAKAAN IMPLEMENTATION AND ANALYSIS SOME CLASSIFICATION METHOD TO DETERMINE RULE IN TRAFFIC ACCIDENT LOCATION

IWAN BUDY ANTONO

Informasi Dasar

113010057
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Era komputerisasi telah membuka wawasan dan paradigma baru dalam proses pengambilan keputusan dan penyebaran informasi. Di Indonesia, pada saat ini, Sistem Informasi Geografis (SIG) telah dikenal secara luas sebagai alat bantu untuk pengambilan keputusan. Dengan adanya SIG, pengguna dapat memvisualisasikan dan menganalisa suatu area studi berdasarkan lokasi – lokasi unsur – unsur geografi tertentu, misalnya dalam menentukan relasi atau hubungan (relationship), pola (pattern), kecenderungan (trend) pada basisdata lokasi rawan kecelakaan lalu – lintas.
Klasifikasi adalah salah satu teknik dari data mining yang sering digunakan untuk menentukan aturan (rule) dan pola (pattern) yang muncul dari basisdata tertentu. Teknik yang umum digunakan dalam suatu metode Klasifikasi adalah suatu pendekatan sistematis untuk menentukan model klasifikasi dari sekumpulan data.
Tujuan dari tugas akhir ini adalah untuk mengimplementasikan dan menganalisa beberapa metode Klasifikasi, yaitu : Decission Tree, Rule Based Classifier, dan Naive Bayessian yang akan diterapkan pada basisdata Sistem Informasi Geografis untuk meningkatkan hasil prediksi dalam hal penentuan lokasi yang rawan kecelakaan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan selanjutnya.Kata Kunci : Analisa Klasifikasi, Decission Tree, Rule Based Classifier, Naive Bayessian, Sistem Informasi Geografis (SIG)ABSTRACT: Computerize era have opened knowledge and new paradigm in course of decision making and information spreading. In Indonesia, at this time, Geographical Information System (GIS) have been recognized widely as a means of assist for decision making. With existence GIS, user can be visualized and analyse a study area of pursuant to certain location element of geographi, for example in determining relationship, pattern, tendency at database of troubled traffic accident location.
Classsification is one part of data mining which often be used to determine rule and pattern what emerge from database of Geographical Information System. Technique in Classification method is a systematic approach to determine classification model from a group of data.
Intention of this final assignment is to implemented and analyse some classification method, that is : Decission Tree, Rule Based Classifier, and Naive Bayessian to be applied at database of Geographical Information System to increase prediction result in the case of location determinated which the troubled traffic accident as basic in decission making furthermore.Keyword: Classification Analysis, Decission Tree, Rule Based Classifier, Naive Bayessian, Geographic Information System (GIS)

Subjek

other
 

Katalog

IMPLEMENTASI DAN ANALISA BEBERAPA METODE KLASIFIKASI UNTUK MENENTUKAN ATURAN PADA LOKASI RAWAN KECELAKAAN IMPLEMENTATION AND ANALYSIS SOME CLASSIFICATION METHOD TO DETERMINE RULE IN TRAFFIC ACCIDENT LOCATION
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

IWAN BUDY ANTONO
Perorangan
-
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2006

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini