STUDI DAN IMPLEMENTASI ALGORITMA KRIPTOGRAFI SAFER+ UNTUK PENYANDIAN DATA STUDY AND IMPLEMENTATION OF CRYPTOGRAPHY ALGORITHM SAFER+ FOR DATA ENCRYPTION

Krisna Satriawan Putra

Informasi Dasar

113010010
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Komunikasi data antar sistem komputer memerlukan adanya usaha menjaga kerahasiaan dan keamanan data. Salah satu cara menjaga kerahasiaan data adalah dengan menggunakan kriptografi yaitu ilmu yang mempelajari penulisan secara rahasia. Dengan kriptografi, data sederhana (Plaintext) diubah menjadi bentuk yang tidak dapat dipahami (Ciphertext) sehingga tidak dapat dibaca oleh orang yang tidak sah atau dengan kata lain kerahasiaan data terjaga. Proses ini dikenal dengan enkripsi (Encryption). Data yang telah berubah bentuk (Ciphertext) tersebut hanya dapat dibaca oleh orang yang memiliki kunci (key). Kunci diperlukan untuk merubah kembali ciphertext ke bentuk data yang sebenarnya. Proses ini disebut dengan dekripsi (Decryption)
Tugas Akhir ini mempelajari dan mengimplementasikan suatu algoritma kriptografi dalam penyandian data dengan menggunakan algoritma block cipher SAFER+. Algoritma SAFER+ merupakan salah satu kandidat kuat Advanced Encryption Standard (AES) yang dipersiapkan untuk menggantikan Data Encryption Standard (DES)
Pada tugas akhir ini juga dianalisa kekuatan dan kelemahan dari algoritma kriptografi SAFER+ yang dibandingkan dengan algoritma lain (CAST-256 dan LOKI97), sehingga dapat dipertimbangkan kemungkinan penggunaannya sesuai kebutuhan atau sebagai alternatif pengganti dari algoritma yang sudah ada. Parameter analisis yang dilakukan mencakup waktu dan avalanche effect.. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, pada akhirnya didapat bahwa CAST-256 secara umum menunjukkan hasil yang lebih baik.Kata Kunci : Block Cipher, SAFER+, KriptografiABSTRACT: Communication between computer system needs an effort to keep the secrecy and data safety. One of the alternatives is to keep data using cryptography. Cryptography is a discipline that studies about how to send a message secretly. With cryptography, simple data (Plaintext) are trransformed into blocks data (ciphertexts) which cannot be comprehended so that they are unable to be read or resolved by third party. Those transformed data (Ciphertexts) can only be seen by the ones who are legitimate to open it with the key, that eventually can change the chipertext into the simple data.
This final project studies and implements cryptographic algorithm in data encryption, using SAFER+ Algorithm. SAFER+ is one of the candidates of Advanced Encryption Standard (AES) which are well preprared to displace Data Encryption Standard (DES)
In this final project, too, there is also an analysis about the strong and weak points of SAFER+ algorithm and also a result comparison with other algorithms (CAST-256 and LOKI97). Hence, we will therefore be able to consider the possibilities of uses met the requirements. Or as alternative of other algorithms. The parameters are time and avalanche effect. Eventually, pertaining to the research outcome, it is found that CAST-256 generally performs betterKeyword: Block cipher, SAFER+, cryptography.

Subjek

other
 

Katalog

STUDI DAN IMPLEMENTASI ALGORITMA KRIPTOGRAFI SAFER+ UNTUK PENYANDIAN DATA STUDY AND IMPLEMENTATION OF CRYPTOGRAPHY ALGORITHM SAFER+ FOR DATA ENCRYPTION
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Krisna Satriawan Putra
Perorangan
-
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2006

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini