Implementasi SSH Client pada Cellular Phone Implementation of SSH Client on Cellular Phone

FAISAL BANI KAHAM

Informasi Dasar

113000091
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Ssh merupakan suatu service yang menggunakan koneksi TCP/IP port 22 yang diperuntukkan untuk melakukan pengaksesan jarak jauh (remote access) ke komputer tujuan. Pengaksesan ke komputer tujuan memanfaatkan sebuah aplikasi ssh yang biasanya dinamakan ssh client. Dengan memanfaatkan ssh, data yang akan dikirim oleh sebuah komputer ke jaringan, secara otomatis dienkrip, dan ketika data sampai pada penerima yang dituju, ssh secara otomatis mendekrip kembali data tersebut. Hasilnya adalah user-user dapat bekerja secara normal dan dengan tanpa mereka sadari komunikasi mereka terenkripsi dengan aman dalam jaringan.
Dalam tugas akhir ini akan dikembangkan sebuah aplikasi ssh client pada telephone selular. Sehingga, diharapkan program ini dapat membawa fitur-fitur dan keuntungan-keuntungan yang dimiliki ssh client ke dalam telephone selular yang terhubung dengan internet melalui GPRS, dan kita dapat menggunakan program ini seperti menggunakan program ssh client pada PC yang terhubung dengan jaringan, baik jaringan kabel atau nirkabel.
Aplikasi ssh client, dibangun dengan menggunakan bahasa pemrogaman J2ME, dan kompilasinya menggunakan sun WTK 22 (plugin proguard) dan ant apache (plugin antenna) pada perangkat mobile yang memiliki spesifikasi Mobile Information Device Profile (MIDP) 1.0 / 2.0. Untuk menganalisa aplikasi ssh client ini, dilakukan running test dan perbandingan algoritma cipher untuk menentukan algoritma yang paling optimal untuk diterapkan dalam aplikasi ssh client ini.
Dari implementasi dan hasil analisa perbandingan tersebut didapat bahwa ssh client dapat diterapkan di perangkat mobile, dan keterbatasan keypad pada perangkat mobile dapat diatasi dengan memanfaatkan terminal emulator vt320. Dari analisa perbandingan delay, didapatkan bahwa algoritma Blowfish merupakan algoritma yang paling optimal untuk diterapkan dalam aplikasi ssh client ini, karena menghasilkan delay yang paling kecil.Kata Kunci : ssh, J2ME, algoritma enkripsi, perangkat mobileABSTRACT: Ssh is a service which use TCP/IP port 22 connection to remote a distance host. The access use an ssh application named ssh client. With this ssh, whenever data is sent by a computer to the network, SSH automatically encrypts it. When the data reaches its intended recipient, SSH automatically decrypts (unscrambles) it. The result is transparent encryption: users can work normally, unaware that their communications are safely encrypted on the network.
In this final assignment will be developed an application of SSH client in the cellular phone. So, it is hoped the program can bring the features and benefits of SSH in the phone that connect to internet by GPRS, and we can use the program just like we use the SSH client program on a PC that connect to a network by a wire or a wireless connection.
Ssh client application, developed by using J2ME, and it is compiled by using sun WTK 22 (plug-in proguard) and ant apache (plug-in antenna) on a mobile device which have Mobile Information Device Profile (MIDP) 1.0 / 2.0 specification. A running test and cipher algorithm comparison are held to analyze this application, to choose the most optimal algorithm which can be implemented in the application.
From the implementation and the result of comparative analysis, it is concluded that ssh client can be implemented in a mobile device, and the keypad limitation in a phone can handled by using vt320 terminal emulator. From delay comparative analysis, Blowfish algorithm is chosen as the most optimal algorithm which can be implemented in the application, because it provides the smallest delay.Keyword: ssh, J2ME, encryption algorithm, mobile device

Subjek

other
 

Katalog

Implementasi SSH Client pada Cellular Phone Implementation of SSH Client on Cellular Phone
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FAISAL BANI KAHAM
Perorangan
-
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2005

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini