SIMULASI PEMROSESAN TRANSAKSI BASIS DATA DENGAN STUDI KASUS SISTEM REKENING PERBANKAN DATABASE TRANSACTION PROCESSING SIMULATION WITH BANKING ACCOUNT SYSTEM CASE STUDY

JOCKIE HERUSEON

Informasi Dasar

113000029
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Pada sistem pemrosesan transaksi biasanya memperbolehkan banyak transaksi yang di proses secara bersamaan. Diperbolehkannya banyak transaksi di proses secara bersamaan, akan dapat menimbulkan banyak hal yang dapat mempengaruhi konsistensi data pada basis data.
Pemrosesan transaksi secara bersamaan bisa dilakukan secara serial yaitu menyelesaikan satu transaksi baru di ikuti dengan transaksi yang lain. Tetapi pemrosesan tersebut juga bisa dilakukan dengan diperbolehkannya proses secara interleave untuk memaksimalkan kerja CPU dan memperkecil waktu tunggu antar transaksi.
Sistem basis data harus dapat mengatur interaksi dari transaksi – transaksi yang di proses secara bersamaan tersebut untuk dapat menjamin konsistensi dari basis data. Dimana untuk Transaksi T1 dan T2 yang diproses secara bersamaan, kita tidak bisa menjamin bahwa T1 di proses terlebih dahulu baru di ikuti dengan T2, sehingga diperlukan schedule yang akan mengatur urutan dari sekumpulan aksi yang akan di proses.
Tugas akhir ini mensimulasikan pemrosesan transaksi pada basis data yang mengacu pada pembentukan schedule dari transaksi. Untuk mendukung simulasi tersebut di perlukan kasus uji, yang dalam hal ini mengacu pada kasus sistem rekening perbankan.Kata Kunci : transaction, concurrency, schedule, basis data, perbankanABSTRACT: In transaction processing system usually allow multiple transactions to run concurrently. This allowance of multiple transactions concurrently could cause certain things that affect the database consistency.
Concurrent transaction processing can be serially which is performed by completing one transaction first then followed by other transactions. But this process can be done by allowing interleave process to improve CPU utilization and reducing waiting time between transactions.
Database system must control the interaction between transactions which are concurrently processed to ensure database consistency. For T1 and T2 transacations that being processed concurrently, we cannot guarantee that T1 transaction process is followed by T2 transaction, so it is necessary to create a schedule which will control the order of set of action that will be processed.
This final project simulates database transaction processing which referred to scheduling of transaction. To support this simulation, test cases are needed, which in this case referred to banking account system.Keyword: transaction, concurrency, schedule, database, banking

Subjek

other
 

Katalog

SIMULASI PEMROSESAN TRANSAKSI BASIS DATA DENGAN STUDI KASUS SISTEM REKENING PERBANKAN DATABASE TRANSACTION PROCESSING SIMULATION WITH BANKING ACCOUNT SYSTEM CASE STUDY
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

JOCKIE HERUSEON
Perorangan
-
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2005

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini