PERENCANAAN JARINGAN BROADBAND DENGAN SISTEM DLC DI PEKALONGAN (Studi Kasus di STO Pekalongan ) The Planning of Broadband Network with DLC System in Pekalongan (Case study at STO Pekalongan)

Ardian Qudratullah

Informasi Dasar

111990147
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Pada era global sekarang ini kebutuhan akan layanan telekomunikasi menjadi sangat penting terutama untuk jenis layanan multimedia. Jaringan telekomunikasi dengan basis kabel tembaga mempunyai keterbatasan untuk memenuhi kebutuhan tersebut, oleh karena itu untuk mengatasi keterbatasan layanan jaringan kabel tembaga dan untuk memenuhi kebutuhan akan layanan multimedia digunakan fiber optic sebagai medianya. Bahkan dengan melihat kecenderungan pelanggan akan kebutuhan dengan sistem digital, kecepatan tinggi/ pita lebar maka jaringan kabel yang berbasis fiber sangat cocok untuk diterapkan untuk mengatasi hal tersebut.
Selain faktor diatas perencanaan jaringan akses fiber ini dimaksudkan untuk menerapkan program PT TELKOM dalam hal optikalisasi untuk kota-kota di Indonesia dan Pekalongan termasuk salah satu kota yang masuk dalam program tersebut. Dalam program optikalisasi tersebut pembangunan jaringan fiber di Pekalongan saat ini hanya untuk kawasan bisnis, oleh karena itu tugas akhir tentang perencanaan jaringan akses fiber ini diprioritaskan untuk kawasan perumahan.
Dalam proyek ini akan dibahas lebih jauh mengenai perencanaan jaringan akses fiber baik itu mengenai peramalan demand untuk 5 tahun ke depan, jenis teknologi, konfigurasi, dan perangkat yang digunakan sampai pembuatan peta jaringannya, serta menguji kelayakan jaringan yang dibuat untuk diimplementasikan di lapangan dengan menghitung parameter Power Link Budget dan Rise Time Budget.Kata Kunci : ABSTRACT: In this global era, the needs for telecommunications services especially multimedia, has becoming very important. Telecommunication network which based on copper cables has limitation to fulfill those needs. Thus, to solve the limitation in local access network based on copper cables, and to fulfill the needs for multimedia service, we use fiber optic as the medium. Even if we analyze customer’s needs for digital system, like high speed/broadband, fiber access networks are the fittest solution to solve the problem.
Besides, this fiber access local network planning is developed to implements opticalization program from PT TELKOM in Indonesian cities, included Pekalongan. In Pekalongan, fiber access network developed just only for business area, so this final project gives priority for fiber access network development for business area only.
Furthermore, this final project will discuss about fiber access network planning like demand forecasting for five coming years, technologies, configuration, equipments until network map development, and tests the network feasibility to be implemented on the real condition by counting parameters like Power Link Budget and Rise Time Budget.Keyword:

Subjek

other
 

Katalog

PERENCANAAN JARINGAN BROADBAND DENGAN SISTEM DLC DI PEKALONGAN (Studi Kasus di STO Pekalongan ) The Planning of Broadband Network with DLC System in Pekalongan (Case study at STO Pekalongan)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Ardian Qudratullah
Perorangan
-
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2006

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini