ANALISA RENDAHNYA SDSR PADA BTS IDR DITINJAU DARI SEGI SIGNALING SDCCH PADA PROSES CALL SETUP (Analyze of Lower SDSR at BTS IDR Evaluated from SDCCH Signaling Facet in Call Setup Process)

BUDI S. SIAGIAN

Informasi Dasar

111990051
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Pertumbuhan yang semakin meningkat akan permintaan komunikasi seluler yang cepat dan praktis, menuntut adanya optimalisasi pada seluruh jaringan dalam meningkatkan kualitas pelayanan bagi setiap pelanggan. Dimana salah satu tolak ukurnya adalah tingkat kesuksesan dalam melakukan proses hubungan komunikasi antar jaringan GSM.
Tingkat keberhasilan dalam melakukan panggilan sangat dipengaruhi oleh proses signaling dari berbagai elemen pada jaringan GSM. Salah satunya adalah signaling antara BTS dengan BSC. Kondisi geografis serta topologi daerah yang tidak mendukung untuk kondisi LOS (Line Of Sight), memungkinkan penggunaan media satelit sebagai saluran transmisi antara BTS dengan BSC atau disebut juga BTS IDR (Intermmediate Data Rate).
Faktor lintasan yang panjang pada BTS IDR ini menyebabkan rendahnya keberhasilan dalam menduduki kanal SDCCH yang tersedia yang diformulasikan dalam SDSR yang mempengaruhi performansi jaringan GSM, dimana juga akan menunjukkan tingkat kepuasan pelanggan pada saat proses call setup.
Tugas akhir ini menganalisa SDSR yang terjadi pada jaringan BTS IDR ditinjau dari segi signaling SDCCH dan menciptakan suatu teknik optimasi yang bisa diaplikasikan dalam meningkatkan SDSR dengan cara memperbesar peluang keberhasilan dari setiap signaling flow pada proses call setup antara BTS dengan BSC. Dimana analisa terhadap parameter-parameter SDSR yang meliputi SD LOSS, SD BLOCKING dilakukan berdasarkan perbandingan data pengukuran sebelum dengan data pengukuran setelah penerapan metoda diatas.Kata Kunci : ABSTRACT: Growth which progressively mount communications request of celuler which quickly and practical, claiming existence optimalitation of entire network in improving service quality for every user. Where one of its yardstick is successfulness level in doing process of communications link user network GSM.
Successfull Level in doing call very influenced by process signaling from various element of network GSM. One of them is signaling between BTS with BSC. Geographical condition and also the area topology which do not support for condition LOS ( Line Of Sight), enabling use of satellite media as transmission channel between BTS with BSC or referred as BTS IDR ( Intermmediate Data Rate).
Long trajectory factor at This BTS IDR cause to it lower efficacy in occupying available channel SDCCH which formulated in SDSR Influencing performance of network GSM, where also will show level of user satisfaction at the process of call setup.
This paper analyse SDSR which became of network of BTS IDR evaluated from facet of signaling SDCCH and create a optimation technique which can aplicated in improving SDSR by enlarging efficacy opportunity from each signaling flow of process of call setup between BTS with BSC. Where to analyse parameters SDSR covering SD LOSS, SD BLOCKING done pursuant to comparison of measurement data before with measurement data after above method applyingKeyword:

Subjek

other
 

Katalog

ANALISA RENDAHNYA SDSR PADA BTS IDR DITINJAU DARI SEGI SIGNALING SDCCH PADA PROSES CALL SETUP (Analyze of Lower SDSR at BTS IDR Evaluated from SDCCH Signaling Facet in Call Setup Process)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

BUDI S. SIAGIAN
Perorangan
-
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2006

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini