DESAIN DAN IMPLEMENTASI KONTROL LIFT DENGAN PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER MELALUI PERSONAL COMPUTER DESIGN AND IMPLEMENTATION LIFT CONTROLLER USING PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER BY PERSONAL COMPUTER

ANDRI PRIAMBODO

Informasi Dasar

111987302
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Sistem otomasi tidak hanya digunakan pada sistem produksi, tetapi juga digunakan dalam berbagai aplikasi lain. Fleksibilitas dan programabilitas dari sistem otomasi memberikan kemudahan pelaksanaan proses suatu sistem sesuai kebutuhan dengan teknologi tinggi. Penggunaan komputer menjadi bagian dari sistem otomasi, dimana komponen dari sistem dikendalikan melalui perangkat lunak untuk melakukan suatu proses.
Prototype sistem monitoring menggunakan pemrograman Programmable Logic Controller (PLC) sebagai sistem pengendali, dengan bahasa statement list pada software FST 4, dan software Visual Basic yang merupakan interface antara mesin dan manusia sehingga dapat melakukan komunikasi secara tidak langsung.
Sistem lift yang ada saat ini jarang yang menggunakan proses monitoring. Dengan proses monitoring user dapat mengetahui kejadian yang terjadi pada lift, sehingga diharapkan dapat membantu operator ataupun perawatan dari lift tersebut. Sistem monitoring yang dibuat adalah sistem online. Dengan demikian data dan informasi dari sistem lift pada PLC akan dikirimkan ke software Visual Basic pada PC. Sehingga user dapat melihat proses sistem lift melalui visualisasi pada program VB tersebut.
Pada tahap pengujian, dilakukan pengujian program yang meliputi pengujian program PLC, komunikasi antara PLC dan PC dan pengujian visualisasi VB. Hasil dari pengujian yang dilakukan, menunjukkan aplikasi sistem pengontrol PLC dan monitoring pada program VB ini mampu merespon lingkungan fisik seperti sensor dan tombol, yang akan ditampilkan pada layar komputer dan mampu menyediakan informasi yang dibutuhkan untuk mengetahui keadaan nyata pada sistem setiap saat.Kata Kunci : ABSTRACT: Automated systems has not just been used for production systems, but has also been used in various applications. Flexibility and programmability of an automated system give the ease of conducting a system process according to user’s need with high technology. The use of computer has become a part of automated system, where the system’s components are controlled by software to conduct a process.
This monitoring system designing is using Programmable Logic Controller (PLC) programming as the controlling system, with the statement list language on FST 4 software and Visual Basic software, which is the interface for human and machine in order to communicate indirectly.
The Lifting system is seldom to use monitoring process. With the monitoring proses user possible to know every information and event happened in the lift, so it can help the operator to maintenance the lift system. The monitoring system is online system. The information and data from the lifting system in PLC will send to Visual Basic as a softwarein PC. The user can see the process of lifting system with the visualization in the VB.
Pada tahap pengujian, dilakukan pengujian program yang meliputi pengujian program PLC, komunikasi antara PLC dan PC dan pengujian visualisasi VB. Hasil dari pengujian yang dilakukan, menunjukkan aplikasi sistem pengontrol PLC dan monitoring pada program VB ini mampu merespon lingkungan fisik seperti sensor dan tombol, yang akan ditampilkan pada layar komputer dan mampu menyediakan informasi yang dibutuhkan untuk mengetahui keadaan nyata pada sistem setiap saat.Keyword:

Subjek

other
 

Katalog

DESAIN DAN IMPLEMENTASI KONTROL LIFT DENGAN PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER MELALUI PERSONAL COMPUTER DESIGN AND IMPLEMENTATION LIFT CONTROLLER USING PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER BY PERSONAL COMPUTER
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANDRI PRIAMBODO
Perorangan
-
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2006

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini