ANALISA TCH BLOCKING DITINJAU DARI KANAL LOGIKA PADA SISTEM KOMUNIKASI BERGERAK SELULER GSM

Filino Damanik

Informasi Dasar

111970117
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Pada saat ini beberapa operator telekomunikasi seluler di Indonesia menggunakan teknologi GSM 900 dengan disertai DCS 1800, atau lebih dikenal dengan sistem dual band GSM 900 dan DCS 1800. Semakin meningkatnya kebutuhan pelanggan terhadap kualitas layanan yang baik telah memaksa pihak operator untuk meningkatkan kualitas peformansi jaringannya. Sebuah kerugian yang sangat besar bagi sebuah operator dari segi pendapatan, apabila para pelanggan yang ingin membangun sebuah hubungan sering mengalami blocking pada saat akan memulai panggilan. Oleh karena itu, perlu diperhatikan faktor-faktor penyebab blocking tersebut. Salah satu faktor penyebab terjadinya blocking adalah pengalokasian kanal TCH yang tidak efisien terhadap kepadatan trafik yang ada dalam sebuah jaringan, yang lebih sering disebut dengan istilah TCH Blocking.
Tugas akhir ini menganalisa TCH Blocking yang terjadi pada sistem komunikai bergerak seluler GSM ditinjau dari kanal logikanya dan membuat teknik-teknik optimasi yang bisa diaplikasikan untuk mengurangi TCH Blocking dengan memaksimalkan alokasi kanal. Alokasi kanal TCH yang dimaksimalkan meliputi alokasi kanal TCH GSM itu sendiri dan tetangganya, dalam hal ini sel tetangga yang menggunakan sistem DCS 1800.Kata Kunci : TCH Blocking, Handover Parameter, Unbalanced TrafficABSTRACT: The existence of GSM were followed by DCS 1800 which is a variation of GSM 900. it uses frequency band 1800 MHz with several benefit on low-power handset, high capacity, better voice quality in microcell coverage.
Several operators in Indonesia uses both systems, or called dual band system. Dual band system were deployed by operator to handle high traffic area which need bigger network capacity. On the other hand, operators need to optimize their performance. Financially, it is a big loss to them if users who want to make a connection often get blocking when they begin to make a call. That’s why we need to analyze what causes blocking. One of the factors causing blocking are allocation of TCH were not efficient to high traffic in network or usually called by TCH Blocking.
This Final Project analyze TCH Blocking in GSM system in logic channel point of view and makes optimation techniques which can be applied to decrease TCH Blocking by maximizing TCH allocation in its own cell and neighboring cells. Neighbor cells uses DCS 1800 system.Keyword: TCH Blocking, Handover Parameter, Unbalanced Traffic

Subjek

other
 

Katalog

ANALISA TCH BLOCKING DITINJAU DARI KANAL LOGIKA PADA SISTEM KOMUNIKASI BERGERAK SELULER GSM
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Filino Damanik
Perorangan
-
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2006

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini