ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM MONITORING RESPIRASI DAN KLASIFIKASI KELAINAN RESPIRASI BERDASARKAN RESPIRATION RATE BERBASIS ANDROID

Fardan

Informasi Dasar

111128366
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Sistem pengawasan pasien rumah sakit yang dilakukan selama ini kebanyakan masih dilakukan secara konvensional yakni dengan sistem mengunjungi pasien berjadwal. Alat pengawasan kondisi pasien tersimpan di dalam ruangan dan bisa dicek hanya saat berada dalam ruangan tersebut.
Salah satu kondisi pasien yang perlu terus dipantau adalah respiration rate. Ini mengacu pada konsep pengawasan pasien yang disebut dengan ABCD Sekunder salah satunya yakni breathing. Respiration rate mengukur kondisi pernafasan pasien. Kondisinya ialah alat kontrol yang sudah ada hanya ada dalam ruangan dan hanya bisa memonitoring. Sehingga apabila tidak ada yang berada dalam ruangan maka kondisi pernafasan pasien tidak dapat diketahui.
Melalui tugas akhir ini telah dibuat suatu perangkat respiration rate monitoring yang dapat diakses secara real time. Dengan tambahan fitur dapat melaporkan hasil monitoring secara detail kondisi normal atau tidaknya respirasi pasien. Maka pada Tugas akhir dirancang perangkat monitoring respirasi yang dapat di akses secara real time dengan memanfaatkan jaringan wifi kemudian diterima pada perangkat smartphone sehingga tetap bisa diketahui kondisinya meski tidak berada dalam ruang pasien sekalipun. Data monitoring dapat dilihat lewat visualiasi grafik di smartphone selanjutnnya klasifikasi kondisi pasien berdasarkan dari nilai respiration rate yang dihitung.
Sistem yang telah dirancang memiliki keakuratan 95,16%. Threshold yang digunakan adalah 27 yang merupakan representasi dari nilai analog sinyal dari sensor. Sistem monitoring respiration rate ini diharapkan dapat digunakan dan dikembangkan untuk membantu dalam memberikan pelayanan yang optimal terutama dalam hal monitoring kondisi pasien.
Kata Kunci : Respiration rate, wifi, android, E-Health, grafik, klasifikasi kelainan.ABSTRACT: So far hospital patient monitoring systems mostly done conventionally. Which is nurse visit the patient by schedule. Monitoring tools for patient's condition stored indoors and can be checked only when nurses in the room.
One of the conditions of patients who need to be monitored is the respiration rate. It refers to the concept of monitoring patients with “ABCD Secondary”called one of them is breathing. Respiration rate measures the patient's respiratory condition. The condition is control system places only in room. So if no one is in the room the patient's respiratory condition is not known.
Through this final project made a respiration rate monitoring devices that can be accessed in real time. With additional features can be reported in detail the results of monitoring normal condition or absence of respiratory patients. This final project has been designed respiration monitoring devices that can be accessed in real time via wifi network then received into smartphone. So the patient respiratory information still can be accessed. Monitoring data can be viewed through the smartphone and its visualize as graphs. Next we can know the classification of the patient's condition based on the value of respiration rate is calculated.
The system has accuracy performance 95,16% and using threshold 27. Respiration rate monitoring system is expected to be used and developed to assist in providing optimum services, especially in terms of monitoring the patient's condition.
Keyword: Respiration rate, wifi, android, E-Health, chart.

Subjek

Pengolahan Sinyal Informasi
 

Katalog

ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM MONITORING RESPIRASI DAN KLASIFIKASI KELAINAN RESPIRASI BERDASARKAN RESPIRATION RATE BERBASIS ANDROID
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Fardan
Perorangan
Achmad Rizal, Sugondo Hadiyoso
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini