IMPLEMENTASI DAN ANALISIS KINERJA SERVER PUSAT MULTIMEDIA DENGAN LAYANAN VIDEO ON DEMAND DAN LIVE STREAMING BERBASIS WEB PADA JARINGAN LOKAL

Rahmanta Adi P.

Informasi Dasar

111118030
004.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Media informasi telah mengalami perkembangan ke arah digital dengan berbagai kelebihan. Dengan perkembangan tersebut, kita dapat mendapatkan berita, pengetahuan serta hiburan secara lebih baik. Salah satunya adalah layanan televisi (video) streaming berbasis Internet Protocol. Layanan sebelumnya yaitu televisi analog dirasa kurang menarik dikarenakan tidak adanya fitur untuk memilih jenis acara yang diinginkan. Untuk itu, diperlukan layanan yang memberikan kebebasan bagi pengguna untuk memilih jenis acara yang diinginkannya dengan kualitas yang layak digunakan dan juga mudah untuk diakses. Selain itu juga diperlukan suatu penelitian yang dapat digunakan untuk mengetahui hal-hal yang dapat mempengaruhi kinerja server seperti jumlah user dan juga jenis layanan yang diberikan beserta kualitasnya sehingga dapat mengetahui kebutuhan server yang tepat.

Dalam tugas akhir ini, akan dilakukan perancangan dan penerapan Server Video on Demand dan Live Streaming pada jaringan lokal. Perancangan tersebut berupa pembuatan antarmuka dan server layanan serta perancangan struktur jaringan. Setelah itu, dilakukan analisis kinerja sistem. Penelitian yang dilakukan berupa eksperimen dengan mencari tahu hal-hal yang mempengaruhi kualitas layanan. Dilakukan pengujian kinerja server multimedia tersebut dengan mengukur nilai QoS pada jaringan dan juga beban server yang digunakan.

Dari analisis yang dilakukan, diperoleh bahwa layanan video on demand membutuhkan kinerja server yang lebih tinggi dibandingkan live streaming. Pada layanan live streaming, pertambahan jumlah pengguna tidak terlalu besar mempengaruhi kualitas layanan, namun pada video on demand, pertambahan tersebut sangat berpengaruh. Nilai rata-rata throughput pada live streaming adalah sekitar 1Mbps, sedangkan untuk video on demand adalah 34.35Mbps. Sistem video streaming yang dibuat sudah cukup layak untuk diimplementasikan sebagai server multimedia pada jaringan lokal.Kata Kunci : Server, Video on Demand, Live Streaming, Quality of Service.ABSTRACT: Information media has been develop to digital with many advantages. From that’s developments, we can get information in better way. One is television streaming base on internet protocol. The analog television, is not interesting anymore because users can’t free choose the content. So, user need services that give freedom to choose the content and easy to use. Another hand, we need some research to know the things that affect in quality of service, so we can make a right design of system. The things that may affect quality of services like number of user and type of services.

In this research, we designing and implementing of video on demand and live streaming server in local area network. This design like make of system interface, make server, and design of network topology. After that, we analysis about system performance. We find the things that can affect in quality of service. Testing of system like analysis of quality of service and server performance.

From the research, we can know that live streaming and video on demand has different characteristic. In video on demand, number of user significantly affect quality of service, but in live streaming isn’t. Average of throughput that live streaming needs is around 1 Mbps, but for video on demand is 34.35 Mbps. This video streaming server is already good enough to be implemented multimedia server in local area network.Keyword: Server, Video on Demand, Live Streaming, Quality of Service.

Subjek

Jaringan Multimedia
 

Katalog

IMPLEMENTASI DAN ANALISIS KINERJA SERVER PUSAT MULTIMEDIA DENGAN LAYANAN VIDEO ON DEMAND DAN LIVE STREAMING BERBASIS WEB PADA JARINGAN LOKAL
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Rahmanta Adi P.
Perorangan
Asep Mulyana, Tengku Ahmad Riza
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini