PERANCANGAN PROTOTIPE ANTENA MIKROSTRIP SPIRAL ARCHIEMEDEAN PADA FREKUENSI ULTRA WIDEBAND (UWB) 2-18 GHz UNTUK APLIKASI RADAR PASIF

Jaka Sesario Pratama

Informasi Dasar

111118021
004.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Antena microstrip spiral Archimedean merupakan salah satu jenis dari antena microstrip, yang terdiri dari patch (konduktor) tipis yang berbentuk spiral dan dicetak pada suatu substrat. Antena ini mampu bekerja pada frekuensi yang sangat tinggi dan lebar (ultra wideband). Karena antena ini diaplikasikan untuk sistem radar pasif yang menerapkan teknologi Electronic Support Measure (ESM) dengan frekuensi lebar (2-18 GHz) dan impedansi yang dihasilkan antena adalah 188,5 Ω, sehingga sulit untuk mendapatkan VSWR kurang dari 2 pada range frekuensi tersebut. Untuk menutupi kekurangan tersebut, maka akan dilakukan optimasi pada perancangan antena sehingga dapat mengatasi kekurangan yang ada.

Tugas akhir ini dilakukan perancangan prototipe antena mikrostrip spiral archimedean dengan menggunakan substrat Rogers RT5880 dan teknik matching impedance dengan balun untuk menyesuaikan impedansi yang dihasilkan antena 188,5 Ω dengan saluran 50 Ω agar didapatkan VSWR antena kurang dari 2 pada range frekuensi kerja antena 2-18 GHz yang diaplikasikan untuk sistem radar pasif. Simulasi perancangan antena menggunakan CST Microwave Studio.

Dari hasil perancangan prototipe antena spiral archimedean dengan penambahan balun untuk matching impedance didapatkan nilai VSWR yang sesuai spesifikasi antena yaitu VSWR ≤ 2 pada range frekuensi 2-18 GHz dengan gain > 3dBi dan memiliki pola radiasi bidirectional.Kata Kunci : microstrip, spiral archimedean, wideband, radar pasif.ABSTRACT: Archimedean spiral microstrip antenna is one type of microstrip antenna, which consists of a patch (conductor) spiral shaped and printed on a substrate. This antenna is capable to working at very high frequencies and ultra wideban. This antenna is applied to passive radar systems that employ Electronic Support Measure (ESM) with a wide frequency (2-18 GHz) and the resulting antenna impedance is 188.5 Ω, so it making difficult to get a VSWR less than 2 in the frequency range. To cover the shortfall, it will be optimized in the design of the antenna.

The final project was prototype design of archimedean spiral microstrip antenna using substrate Rogers RT5880 and the balun matching impedance techniques to match the antenna impedance from 188.5 Ω to 50 Ω to get the antenna VSWR is less than 2 at the antenna operating frequency range 2 - 18 GHz that applied to passive radar system. Antenna design simulation using CST Microwave Studio.

From the results of the prototype design of archimedean spiral antenna with the addition of a balun for impedance matching is obtained values are within specification antenna VSWR ≤ 2 in the frequency range 2-18 GHz with gain ≥ 3dBi and has a bidirectional radiation patternKeyword: microstrip, archimedean spiral, wideband, passive radar.

Subjek

Jaringan Multimedia
 

Katalog

PERANCANGAN PROTOTIPE ANTENA MIKROSTRIP SPIRAL ARCHIEMEDEAN PADA FREKUENSI ULTRA WIDEBAND (UWB) 2-18 GHz UNTUK APLIKASI RADAR PASIF
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Jaka Sesario Pratama
Perorangan
Bambang Setia Nugroho, Yuyu Wahyu
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini