ANALISA ANTENA TURNSTILE PADA FREKUENSI 2.4 GHz DAN 9.4 GHz UNTUK APLIKASI WIFI DAN RADAR PENGAWAS PANTAI

Yussi Perdana Saputera

Informasi Dasar

111108091
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Wifi, merupakan salah satu standar teknologi Wireless yang dibuat sebagai solusi permasalahan pada jaringan yang menggunakan kabel. Radar kependekan dari radio detection and ranging. Radar merupakan sistem gelombang elektromagnetik yang digunakan untuk mendeteksi, mengukur jarak dan membuat map benda-benda seperti pesawat terbang, kendaraan bermotor dan informasi cuaca/hujan. Untuk mendukung teknologi tersebut diperlukan perangkat antena yang bisa beroperasi pada standard frekuensi yang telah ditentukan sesuai dengan alokasinya. Dengan begitu, perlunya antena yang dapat memenuhi persyaratan dan mampu beroperasi pada Range Frekuensi Wifi dan radar, dimana antena tersebut memiliki gain tepat, arah pancar yang sesuai, akurat dan lebih efisien.

Antena Turnstile merupakan antena yang dapat dirancang untuk frekuensi mana pun, dan akan memiliki gain yang sama. agar penerimaan kualitas sinyal baik, diperlukan Antenna yang beroperasi pada Frekuensi kerja Wifi dan radar untuk mencakup daerah operasi pita frekuensi yang digunakan Perangkat Wifi dan radar yang berada di pasaran. Sejauh ini, banyak antena yang beredar dipasaran dirancang dengan kemampuan unidireksional sedangkan Penempatan Perangkat Wifi dan radar tidak terarah pada satu bidang. Antena yang berbentuk omnidirectional dengan menganalisa tipe antena yang optimal untuk mendapatkan Gain yang sesuai dengan spesifikasi untuk aplikasi Penerima Wifi dan radar. Antena yang dibuat dapat bekerja pada frekuensi 2,4 - 2,484 GHz dengan batasan VSWR ≤ 2 dan untuk radar 9,37 – 9,43 GHz. Untuk pola radiasi antena yaitu omnidirectional sehingga antena dapat menerima gelombang dari segala arah dengan polarisasi linier. Sedangkan besarnya gain antena yang diharapkan adalah ≥ 3 dBi, serta antenna turnstile di rancang untuk menghasilkan antena dengan kemampuan antena yang optimal seperti pola radiasi, frekuensi kerja dan penguatan antena (gain), dengan mensimulasikannya menggunakan software CST Microwave Studio.Kata Kunci : Kata kunci : Wifi, radar, Omnidirectional.ABSTRACT: WiFi, is one of Wireless technology standard that is made as a solution of wired networks. Radar, an abbreviation from radio detection and ranging, is an electromagnetic wave that is used to detect, measure distance, and map for airplanes and other vehicles. And somehow, it is also used to get weather information. To support this technology, we need antennae that can operate on a frequency standard that is determined by the allocation. This way, antennae can operate in a WiFi frequency Range, where this antennae has perfect gain, suitable transmit direction, accurate, and efficient.

Turnstile antenna is an antenna that is designed for any frequency, and has the exact same gain. For better signal quality, we need an antenna that can operate in WiFi and radar frequency to cover operating band frequency that is used by common WiFi and radar devices. So far, there’s a lot of antenna that is being sold in the market that have unidirectional capability, yet WiFi and radar placement is not directed to one direction. Antenna will be designed and implemented, by analyzing optimal antennae type to get gain that is suitable with specification of WiFi and radar receiver application. This antenna can operate in 2,4 – 2,484 GHz frequency with VSWR limit ≤ 2 and 9,37-9,43 GHz for radar. For antenna radiation pattern, we use omnidirectional one so the antenna can receive the wave from any direction with linear polarization. Expected antenna gain is >=3 dBi, and the turnstile antenna is designed to produce an antenna with optimal capability such as radiation pattern, operating frequency, and antenna strengthening (gain), by simulating it using CST Microwave Studio.Keyword: Key word : Wifi, radar, Omnidirectional.

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

ANALISA ANTENA TURNSTILE PADA FREKUENSI 2.4 GHz DAN 9.4 GHz UNTUK APLIKASI WIFI DAN RADAR PENGAWAS PANTAI
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Yussi Perdana Saputera
Perorangan
Bambang Sumajudin, Yuyu Wahyu
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini