PERANCANGAN DAN REALISASI ANTENA SLOT WAVEGUIDE DELAPAN SLOT PADA FREKUENSI 3,6 GHz UNTUK APLIKASI WLAN

RININTA

Informasi Dasar

111108079
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Telah dirancang dan direalisasikan sebuah antena slot waveguide untuk aplikasi WLAN pada frekuensi 3,6 GHz, dimana frekuensi disesuaikan dengan standar IEEE 802.11y-2008. Bahan yang digunakan pada perancangan antena adalah waveguide persegi dari bahan kuningan. Spesifikasi awal yang diinginkan dalam merealisasikan antena slot waveguide ini adalah frekuensi kerja 3,6 GHz, gain antena > 5 dB, VSWR < 1,5 dan impedansi saluran 50 Ω. Ukuran waveguide disesuaikan dengan frekuensi yang digunakan, dengan frekuensi 3,6 GHz, maka waveguide yang digunakan bertipe WR229 dengan a = 2,290 inch dan b = 1,145 inch. Hasil yang telah diperoleh dari pengukuran menunjukkan performansi yang lebih baik dibandingkan dengan perancangan awal. Salah satu parameter yang paling mudah ditinjau yaitu nilai VSWR saat simulasi menggunakan Ansoft HFSS 11 adalah 1,3, sementara setelah direalisasi VSWR = 1,091. Hal ini mungkin terjadi karena proses pabrikasi yang tepat, panjang dan kedalaman dari inner telah sesuai dan karena jarak kedua close end sudah memenuhi syarat agar gelombang dapat menjalar dengan baik di dalam waveguide.

Dengan dibuatnya antena slot waveguide 8 slot pada frekuensi 3,6 GHz pada Tugas Akhir ini, diharapkan akan semakin mendukung penelitian di bidang teknologi telekomunikasi dimana ternyata sebuah saluran transmisi dapat dimanfaatkan sebagai antena dengan cara membuat slot yang berorientasi vertikal dengan spasi tertentu sehingga gelombang elektromagnetik dapat diradiasikan ke udara. Selain itu, antena juga dapat diimplementasikan sebagai antena titik catu (hotspot) dalam suatu jaringan wireless seperti WLAN (Wireless Local Area Network).Kata Kunci : Antena Slot Waveguide, WLAN 3,6 GHzABSTRACT: Has been designed and realization a waveguide slot antenna for WLAN application on 3,6 GHz frequency where this frequency appropriated with IEEE 802.11y-2008. The material that used in the design of the antenna is a rectangular waveguide made from brass. The specifications of this waveguide slot antenna are the frequency is 3,6 GHz, antenna gain >5 dB and VSWR < 1,5, line impedance is 50 Ω. The waveguide size given by the used frequency, 3,6 GHz, so the type of waveguide which used is WR 229 with a=2,290 inch and b= 1,145 inch . The result of this measurement show the performance better than the initialization spesification. One of the parameter which is easier to be analyzed is the value of VSWR is 1,3 when its simulated by Ansoft HFSS 11, but after realization the value of VSWR is 1,091. This thing possibly happened because of appropriate manufacturer process, the size from inner precise the distance between two close end so this is already fulfill the condition and make this wave can spread well inside the waveguide.

By the waveguide slot antenna on 3,6 GHz frequency in this Final Project, hope will support telecommunication researching where a transmission line can be used as antenna using a vertical slot with specific space so the electromagnetic wave can be radiated to the air. Beside that antenna can be implemented as a hotspot on wireless network such as WLAN.Keyword: Waveguide Slot Antenna, WLAN 3,6 GHz

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

PERANCANGAN DAN REALISASI ANTENA SLOT WAVEGUIDE DELAPAN SLOT PADA FREKUENSI 3,6 GHz UNTUK APLIKASI WLAN
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RININTA
Perorangan
Bambang Setia Nugroho, Yuyu Wahyu
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini