Implementasi Ketepatan Pelafalan Kosakata Bahasa Sunda Dalam Android Dengan Metode Mel Frequency Cepstral Coefficient

Nenda Kusumah Wilantapoera

Informasi Dasar

111108068
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Bahasa Sunda adalah salah satu bahasa daerah di Indonesia yang memiliki dialek tertentu dalam pelafalannya. Dialek nya pun beragam dan seringkali terkesan sulit dalam pelafalannya untuk diucapkan oleh orang lain yang bukan orang Sunda asli.
Untuk itu dalam tugas akhir ini akan dibuat suatu aplikasi pengujian pelafalan kosakata bahasa Sunda berbasis Android. Untuk melakukan ekstraksi cirinya digunakan metode MFCC (Mel-Frequency Cepstrum Coefficient), sedangkan pembandingan pelafalannya digunakan metoda Euclidean Distance. Selain itu, dengan dibuatnya aplikasi ini pada Android maka diharapkan memudahkan pengaksesan aplikasi oleh user, sehingga user dapat menggunakannya kapanpun dan dimanapun.
Akurasi rata-rata dari aplikasi ini adalah 89,34%. Sedangkan peluang terjadinya error adalah sebesar 0,22 untuk perbandingan kata yang berbeda, dan 0,3 untuk perbandingan kata yang sama.
Selain itu, aplikasi ini juga tidak tahan terhadap noise. Hal ini berdasarkan pada percobaan penambahan noise berupa suara musik, kran air, dan suara seseorang selain penutur yang masing-masing menghasilkan akurasi 0%.
Kata Kunci : Android, pelafalan, MFCCABSTRACT: Sundanese language is one of the local languages in Indonesia which has a particular dialect pronunciation. Its dialects were varied and often seem difficult in pronunciation to be spoken by someone other than the original Sundanese.
Therefore, in this final task will be made a test application Sundanese vocabulary pronunciation based on Android. To perform the extraction of characteristics used method of MFCC (Mel-frequency cepstrum Coefficient), while the pronunciation comparison method used Euclidean Distance. In addition, with this application made on the Android then hopefully facilitate access by user applications, so users can use it whenever and wherever the place.
The average accuracy of this application is 89.34%. While the chance of error is of 0.22 for the comparison of different words, and 0.3 for the comparison of the same word.
Else, it doesn’t endure enough toward noise effect. It is proved when adding some noises experiments such as music, water flow, and someone’s voice are done and each experiments produces accuracy 0%.
Keyword: Android, pronunciation, MFCC

Subjek

Pengolahan Sinyal Informasi
 

Katalog

Implementasi Ketepatan Pelafalan Kosakata Bahasa Sunda Dalam Android Dengan Metode Mel Frequency Cepstral Coefficient
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Nenda Kusumah Wilantapoera
Perorangan
Gelar Budiman , Sugondo Hadiyoso
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini