IMPLEMENTASI JARINGAN HOTSPOT DENGAN OTENTIKASI TERPUSAT PADA RADIUS (REMOTE AUTHENTICATION DIAL IN USER SERVICE)

Randy Prima Brahmantara

Informasi Dasar

111108059
004.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Hotspot merupakan sebuah tempat yang menawarkan akses Internet melalui jaringan area lokal nirkabel menggunaan router yang terhubung ke sebuah penyedia layanan Internet. Hotspot biasanya menggunakan teknologi Wi-Fi karena lebih fleksibel. Untuk menggunakan fasilitas ini pengguna harus memiliki sebuah username dan password.

Untuk mengatur user login ini digunakan sebuah RADIUS (Remote Authentication Dial In User Service). Penyedia layanan dapat mengkomersialkan layanan hotspot ini dengan membuat paket internet. Paket ini bisa kita batasi dari beberapa aspek kuota yaitu dari kecepatan, data dan waktu. Penyedia layanan hotspot juga bisa memanfaatkan tampilan web page login untuk dapat digunakan sebagai media promosi. Web page login ini dapat diganti dengan menggunakan script php yang dimasukkan pada konfigurasi router. Jika penempatan hotspot kita lakukan di banyak tempat yang terpisah secara geografis, maka untuk mempermudah dalam mengatur hotspot terutama masalah pengaturan otentikasi, otorisasi, dan akuntansi (AAA) digunakan sebuah sistem hotspot terpusat. Hotspot terpusat menggunakan satu buah router inti sebagai pusat RADIUS, pengaturan Web page login, dan monitoring jaringan. Sehingga walaupun berpindah dari lokasi hotspot ke lokasi hotspot yang lain namun masih dalam satu RADIUS yang sama maka pengguna tetap bisa mengakses internet dengan username dan password yang sama.

Pada tugas akhir ini diimplementasikan sebuah sistem hotspot terpusat dengan membuat tampilan Web page login sebagai media promosi, login dengan menggunakan voucer yang memiliki nilai paket internet yang dibatasi berdasarkan waktu, kecepatan dan kuota data. Loadbalacing dan Failover untuk jaringan dengan trafik yang padat telah diimplemtasikan dengan metode Nth dengan utilitas penggunaan jalur satu hingga 98,10% dan jalur dua hingga 98,60. Waktu tunda otentikasi maksimum pada 142,4284 milidetik pada saat pembebanan 500 Kbps. Waktu tunda SMS rata-rata dari keseluruhan pengamatan pada waktu pengamatan yang berbeda dengan hasil maksimum 5detik.

Kata Kunci : hotspot, RADIUS, web page login, loadbalancing , failover, SMS,ABSTRACT: Hotspot is a place that offers Internet services via wireless local area networks and use a router that connected to an Internet service provider. Typically, Hotspots use Wi-Fi technology because more flexible. To use this facility the user must have a username and password.

Used a RADIUS (Remote Authentication Dial In User Service) to manage the user login system. The service provider can commercialize the hotspot services by making internet voucer. This voucer can be limited by speed, data and time. Hotspot service providers can use the web interface login page to make a commercial media. Login web page can be replaced using a php script that is inserted in the router configuration. If the hotspot operated in any place and geographically separated, so make centralized hotspot to manage hotspot easily and make authentication, authorization, and accounting (AAA) in one device. Centralized hotspot router using a a router core as a central RADIUS, Web page login settings, and network monitoring. So if user move from location to location hotspot to another hotspot but still within the same RADIUS users can still access the internet with the same username and password.

This Final Project implemented a centralized hotspot system. Use web page to display a comercial media, log on using the vouchers that have a limited value on time, speed and quota data. Loadbalacing and vailover for networks with heavy traffic have been implementedthe with Nth method and result of utility lines up to 98.10% and the two lines of up to 98.60. Maximum delay of authentication is 142,4284 ms at 500 Kbps uplink traffic. The average delay time of sms information from the overall observations at different times with maximum results is 5 second.

Keyword: hotspot, RADIUS, web page logins, loadbalancing, failover, SMS,

Subjek

Jaringan Multimedia
 

Katalog

IMPLEMENTASI JARINGAN HOTSPOT DENGAN OTENTIKASI TERPUSAT PADA RADIUS (REMOTE AUTHENTICATION DIAL IN USER SERVICE)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Randy Prima Brahmantara
Perorangan
Rendy Munadi, Fairy Heryana S.kom.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini