APLIKASI DISTRIBUSI AIR BERSIH DENGAN SISTEM PRABAYAR BERBASIS MICROCONTROLLER

FITRA PANJI TRISNO

Informasi Dasar

111108047
621.381
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Air adalah kebutuhan vital bagi kelangsungan hidup manusia. Keberadaan air, terutama air bersih yang memenuhi kualitas, kuantitas, dan kontinuitas dibutuhkan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat. PDAM sebagai perusahaan yang bertanggungjawab atas distribusi air bersih ke masyarakat harus mempunyai manajemen dengan kompetensi yang baik. Salah satunya dalam pengadaan, pemasangan, dan monitoring dari alat pengukur debit air. Permasalahan yang sering timbul adalah pencatatan debit air yang dilakukan secara manual dan biaya yang dibayar tidak sesuai dengan debit air yang didistribusikan.

Pada tugas akhir ini telah dibuat alat flowmeter digital untuk mengukur dan memonitor debit air dan pembayaran distribusi air dengan system prabayar. Sehingga masyarakat dapat mengontrol kebutuhannya terhadap air. Perangkat ini terdiri dari blok flowmeter, blok mikrokontroler ATMega 8535, blok Real Time Clock, blok selenoid valve, blok keypad 3X4, dan blok LCD. Pada blok flowmeter tersusun dari sensor optocoupler yang membaca piringan derajat. Sinyal output sensor optocoupler akan masuk ke IC komparator untuk membantu memberikan logika “1” dan “0” pada mikrokontroler. Hasil pembacaan sensor akan dikonversi menjadi pemakaian jumlah air (liter) dan ditampilkan pada LCD. Pada saat sisa pemakaian jumlah air bernilai 0, maka selenoid valve tidak aktif, alarm akan aktif dan user harus input nomor pulsa.

Setelah dilakukan pengukuran dan pengujian, blok catu daya 5volt DC yang direalisasikan memiliki tingkat kesalahan 0,0001 dengan tingkat akurasi sebesar 99,99%. Sedangkan untuk alat flowmeter digital yang direalisasikan dapat berjalan baik pada saat menghitung jumlah air yang terpakai dan LCD menampilkan sisa pemakaian jumlah air.Kata Kunci : distribusi air, mikrokontroler ATMega 8535, flowmeter, selenoid valveABSTRACT: Water is a vital necessary for human survival. Water existence, especially clean water that meet quality, quantity, and continuity is needed to raise people’s health. PDAM as a company that responsible for clean water distribution to people must have management with good compentency. One of management that mention is procurement, installation, and monitoring from discharge of water device.

On this final task, was made device of flowmeter digital which function is to measure and monitoring discharge of water and payment of water distribution with prepaid system. So people can monitoring the needs of water distribution. This device consists of flowmeter block, ATMega 8535 block, Real Time Clock block, Selenoid Valve block, blok keypad 3x4, and LCD block. On flowmeter block arranged by optocoupler sensor that can read plate of degree. Output Signal optocoupler sensor would come to comparator IC to give logic “1” and “0” in microcontroller. Result from the read of sensor would be convert to the usage of amount water (litre) and displayed on LCD. When the usage of remaining water is 0, then selenoid valve is not active, alarm would be activated it and user must input the number of pulse.

After measuring and testing, DC power supply 5 volt have been realized the error rate level 0,0001 with 99,99% accuracy. Whereas the digital flowmeter device that is realized can work when counting amount of water and LCD displayed the remaining water that had been used.Keyword: Water distribution, Microcontroller ATMega 8535, flowmter, solenoid

Subjek

Sistem Elektronika
 

Katalog

APLIKASI DISTRIBUSI AIR BERSIH DENGAN SISTEM PRABAYAR BERBASIS MICROCONTROLLER
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FITRA PANJI TRISNO
Perorangan
M. Ary Murti, Junartho Halomoan
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini