APLIKASI IDENTIFIKASI STADIUM KEDALAMAN LUKA BAKAR MENGGUNAKAN TEXTURE ANALYSIS

Indah Permatasari

Informasi Dasar

111108023
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Identifikasi citra luka bakar merupakan proses untuk mengenali dan mengidentifikasi jenis luka bakar berdasarkan tingkat kedalamanya. Teknologi identifikasi citra luka bakar termasuk di dalam klasifikasi yang menggunakan karakteristik Warna luka dan teksturnya. Pengenalan citra luka bakar dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi software yang berbasis pengolahan citra digital. Dengan adanya aplikasi ini, tentu akan mempermudah manusia untuk klasifikasikan luka bakar secara objective.

Algoritma yang digunakan untuk implementasi sistem pengenalan citra luka bakar ini adalah dengan menggunakan texture analisis. Texture Analisis digunakan untuk mendapatkan informasi ciri yang penting dari citra texture luka. Jumlah vektor ciri yang dihasilkan diharapkan mewakili ciri spesifik dari setiap citra luka bakar. Hasil keluaran dari proses ini digunakan sebagai inputan pada proses pengenalan pola dan pengklasifikasian . Untuk tahapan ini, akan digunakan metode Jaringan Saraf Tiruan-Back Propagation.

Hasil yang akan ditampilkan adalah bagaimana suatu sistem dapat mengenali dan membandingkan pola luka bakar tertentu dan dapat mengambil keputusan yang tepat pada setiap jenis kedalaman luka bakar dengan masukan tertentu. Sistem yang dirancang ini memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi untuk mengenali dan membandingkan warna dan pola serta mengambil keputusan yang tepat dengan tingkat akurasi 71,11%.

Kata Kunci : Kata kunci: texture analysis, jaringan saraf tiruan, back propagation.ABSTRACT: Identification is the process to recognize and identify the images types of depth burn injury. Identification technology burns the image included in the classification that uses the characteristic color and texture of the wound. Burn image recognition can be performed using application software-based digital image processing. With this application, it would be easier for people to objectively classify burns.

The algorithm used for image recognition system implementation of this burn is to use texture analysis. Texture analysis is used to obtain information essential characteristics of the texture image of the wound. The resulting number is expected to feature vector representing the specific traits of each image burns. The output of this process are used as input to the process of pattern recognition and classification. For this stage, will be used Neural network methods.

Results to be shown is how a system can recognize and compare the color and pattern of certain burns and can take appropriate decisions on any type of color of the burn with a particular input. Designed system has a high success rate for identifying and comparing colors and patterns and make informed decisions with 71,11% accuracy rate.

Keyword: Keywords : Texture Analysist, neural networks, back propagation.

Subjek

Pengolahan Sinyal Informasi
 

Katalog

APLIKASI IDENTIFIKASI STADIUM KEDALAMAN LUKA BAKAR MENGGUNAKAN TEXTURE ANALYSIS
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Indah Permatasari
Perorangan
Bambang Hidayat, Gelar Budiman
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini