ANALISIS PENGARUH REFLEKTOR SUDUT PADA PENGUATAN, BANDWIDTH DAN POLA RADIASI ANTENA BOWTIE PADA FREKUENSI 2,4 GHZ

EKA SETYANING DEWI

Informasi Dasar

111108004
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Dalam sistem komunikasi wireless peranan antena sangat penting, yaitu untuk meradiasikan gelombang elektromagnetik. Oleh karena itu, diperlukan suatu antena penerima yang mampu bekerja sebagai penerima dan pelepas energi elektromagnetik yang berperan dalam teknologi Wi-Fi. Antena bowtie adalah salah satu jenis antena yang merupakan perkembangan antena biconical yang sering digunakan sebagai antena penerima pada televisi. Antena ini memiliki pola radiasi bidirectional. Dengan adanya penambahan reflektor ini, pola radiasi dari antena bowtie akan dibatasi agar tidak melebar kebelakang namun kekuatan pancarannya akan diperkuat ke arah sebaliknya sehingga akan didapatkan gain yang cukup besar dengan pola pancar lebih terarah dan jarak pancar yang lebih jauh.
Pengerjaan Tugas Akhir diawali dengan penentuan dimensi antena bowtie kemudian dilanjutkan dengan simulasi antena bowtie yang ditambahkan reflektor sudut. Besar sudut yang disimulasikan adalah pada sudut 180°, 90°, 60°, 45°, 36° dan 30° dan untuk masing-masing sudut dilakukan pada spasi 0,25λ sampai dengan 1,5λ dengan interval 0,25λ pada dimensi reflektor (h) yang berbeda-beda, yaitu 1,2 kali panjang antena bowtie, 1,35 kali panjang antena bowtie dan 1,5 kali panjang antena bowtie.
Antena yang direalisasikan adalah antena bowtie dengan reflektor pada sudut 90° dengan menggunakan lempengan tembaga pada antena bowtie dan lempengan aluminium pada reflektor. Dari realisasi diperoleh VSWR pada frekuensi tengah sebesar 1,298 dengan pola radiasi yang berubah dari bidirectional menjadi unidirectional dan terjadi peningkatan gain sebesar 10,104 dBi dari 3,316 dBi menjadi 13,42 dBi serta terjadi penurunan bandwidth sebesar 14,742% dengan polarisasi linier. Antena yang telah direalisasikan telah dapat diaplikasikan sebagai antena penerima pada jaringan wireless.
Kata Kunci : Wi-Fi, Bowtie, Unidirectional, Gain, Bandwidth.ABSTRACT: In a wireless communications system, antenna is very important role, namely to radiate electromagnetic waves. Therefore, we need a receiver antenna that can operate as a receiver and the release of electromagnetic energy that is involved in Wi-Fi technology. Bowtie antenna is one type of biconical antenna developments that often used as a receiving antenna on the television. This antenna has bidirectional radiation pattern. With the reflectors, the radiation pattern of the bowtie antenna will be limited so as not to emit widened backward, but the power will be strengthened in the opposite direction so that we will get a large enough gain in the transmit pattern is more directional and transmit further distances.
Process on Final Project begins with the determination of bowtie antenna dimensions, and then the simulation results of the bowtie antenna is added with corner reflector. Large angles is simulated at an angle of 180 °, 90 °, 60 °, 45 °, 36 ° and 30 ° and for each angle in space made up to 1.5 λ to 0.25 λ with interval about 0.25 λ on the different dimensions of the reflector (h) there are 1.2 times the length of bowtie antenna, 1.35 times the length of bowtie antenna and 1.5 times the length of bowtie antenna.
Antenna that has been realized is bowtie antenna with a reflector on the corner of 90° by using plate copper on the bowtie antenna and plate aluminum for the reflector. VSWR that obtained from measurement at center frequency is 1.298 with the change of radiation pattern from bidirectional to unidirectional and an increase gain about 10,104 dBi (from 3.316 dBi to be 13,42 dBi) and to decrease bandwidth about 14.742% with linear polarization. Antenna has been realized had to be applied as a receiving antenna on the wireless network.
Keyword: Wi-Fi, Bowtie, Unidirectional, Gain, Bandwidth.

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

ANALISIS PENGARUH REFLEKTOR SUDUT PADA PENGUATAN, BANDWIDTH DAN POLA RADIASI ANTENA BOWTIE PADA FREKUENSI 2,4 GHZ
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

EKA SETYANING DEWI
Perorangan
Bambang Sumajudin, Zulfi
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini