PERANCANGAN DAN REALISASI POINTING CONTROLLER ANTENA PARABOLA MENGGUNAKAN SMARTPHONE ANDROID

Eko Rahayu

Informasi Dasar

111108002
621.381
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Keakuratan pointing merupakan hal penting dalam komunikasi satelit. Akibar jarak satelit ke permukaan bumi yang sangat jauh, maka pengarahan antena ini mempengaruhi besar daya yang diterima, karena semakin terarahnya suatu antena ke arah satelit maka redaman akibat pengarahan juga semakin kecil [3]

Untuk mengarahkan antena parabola pada penelitian tugas akhir ini dirancang sebuah pointing controller otomatis untuk mendapat pengarahan yang dinamis yang dapat diarahkan ke satelit DVB-S yang diinginkan. Dengan menggunakan parameter-parameter berupa posisi satelit dan posisi stasium bumi secara latitude dan longitude dari GPS (Global Positioning System) pada smartphone android, dapat diperoleh nilai sudut elevasi dan azimut untuk mengarahkan antena. Sudut elevasi dan azimut ini dikirimkan ke bagian kontrol melalui komunikasi bluetooth yang kemudian digunakan bagian kontrol untuk mengatur antena parabola tersebut menggerakkan aktuator yang telah dirancang dengan sistem mekanik penggerak arah horizontal dan vertikal.

Berdasarkan hasil pengoperasian pointing controller, alat ini memiliki akurasi sensor kompas 1,4° dan rata-rata kesalahan sensor kemiringan 3,15°. Pada sistem mekanik alat ini memiliki rata-rata kesalahan untuk sudut azimut sebesar 11,3° dan rata-rata kesalahan untuk sudut elevasi sebesar 1,2°.Kata Kunci : Lintang, Bujur, Android, Bluetooth, Mikrokontroler, Elevasi, Azimut, SatelitABSTRACT: Accuration of pointing is important in satellite communication. Because the satellite’s distance to the surface of the earth’s satellite is very long, antenna pointing is affect to received signal power because will reduce attenuation pointing [3].

To pointing parabolic antenna in this final assignment will designed a automation pointing controller to provide dynamic pointing in searching satellite. Parameters that used to get value azimuth and elevation angle in pointing of parabolic are satellite location and earth station location in latitude and longitude from GPS (Global Positioning System) in android smart. Elevation and azimuth angle are sent to controller use Bluetooth communication that will used by controller to manage parabolic antenna in pointing process by actuator motor.

The result of pointing controller operation show, this device has accuracy compass sensor accuracy is 1.4° and average error tilt sensor is 3.15°. Mechanics system have average error for azimuth angle is 11.3° and average error for elevation angle is 1.2°Keyword: Latitude, Longitude, Android, Bluetooth, Microcontroller, Elevation, Azimuth

Subjek

Sistem Elektronika
 

Katalog

PERANCANGAN DAN REALISASI POINTING CONTROLLER ANTENA PARABOLA MENGGUNAKAN SMARTPHONE ANDROID
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Eko Rahayu
Perorangan
Basuki Rahmat, Bambang Setia Nugroho
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini