PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI DUA BUAH ANTENA FRAKTAL PERSEGI UNTUK MIMO PADA FREKUENSI 2,4 GHz

ILMAN FAUZI

Informasi Dasar

111098095
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Kemajuan teknologi telekomunikasi nirkabel sangat pesat sehingga memerlukan perangkat-perangkat yang bisa mengimbangi kemajuan ini. Salah satu perangkat telekomunikasi nirkabel yang utama adalah antena. Untuk mengimbangi perkembangan teknologi tersebut maka dibutuhkan sebuah antena cerdas yang mampu bekerja berdasarkan kebutuhan. Salah satunya adalah antena MIMO.

Pada tugas akhir ini akan dirancang dua buah antena untuk MIMO. Untuk membuat antena mikrostrip MIMO, hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat antena tunggal untuk mengetahui arah radiasi dari antena tersebut dan mempunyai VSWR sekecil mungkin, sehingga dapat ditentukan letak atau posisi antena kedua dan juga letak pencatunya, agar hasilnya antena satu dengan antena yang lainnya mempunyai arah radiasi yang berlawanan.

Hasil yang diperoleh dari tugas akhir ini adalah telah dirancang dan direalisasikan dua buah antena mikrostrip untuk MIMO dengan bentuk patch fraktal persegi. Antena ini bekerja pada frekuensi 2,4 GHz dengan bandwidth sebesar 15 MHz untuk VSWR ≤ 2,3. VSWR dari antena MIMO ini masih kurang bagus yaitu sekitar 1,8. Pola radiasi yang dihasilkan mengarah ke empat arah yang saling berlawanan. Kopling yang dihasilkan oleh kedua antena ini adalah sebesar -39.13 dB. Hasil-hasil tersebut saat jarak antarpatch antena sebesar satu lamda. Antena ini diukur dalam tiga kondisi dimana yang berubah adalah jarak antar-patch-nya yaitu, jarak terdekat λ/7.5, λ/2, λ.Kata Kunci : antena cerdas, antena mikrostrip, fraktal, MIMO, VSWR, pola radiasi, koplingABSTRACT: Wireless telecommunication technology advances very rapidly and thus require devices that can offset these advances. One of the major wireless telecommunication device is an antenna. To keep pace with technological developments are then needed a smart antenna that is able to work on a needs basis.

In this final assignment will be designed two antennas for MIMO. To create a microstrip MIMO antenna, the first thing to do is create a single antenna to determine the direction of radiation from the antenna so that it can be determined the location or position of the second antenna and also the location of excitation, so the results of the antenna with another antenna radiation has the opposite direction.

The result of this final assignment has been designed and realized two microstrip antennas for MIMO form a square fractal patch. This antenna works on a frequency of 2.4 GHz with a bandwidth of 15 MHz for VSWR ≤ 2.3. VSWR of MIMO antenna is still less good at around 1.8. The resulting radiation pattern leads to four opposite directions. Coupling produced by the two antennas is equal to -39.13 dB. The results of inter-patch distance of the antenna is one lamda. This antenna is measured in three conditions in which the change is the distance inter- patches that is, the shortest distance λ/7.5, λ/2, λ.Keyword: smart antennas, microstrip antennas, fractal, MIMO, VSWR, radiation pattern, coupling

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI DUA BUAH ANTENA FRAKTAL PERSEGI UNTUK MIMO PADA FREKUENSI 2,4 GHz
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ILMAN FAUZI
Perorangan
Bambang Sumajudin, Suprayogi
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini