ANALISA PERBANDINGAN METODE KOMPRESI HUFFMAN DAN LEMPEL-ZIV WELCH PADA APLIKASI E3D MESSENGER DI IT TELKOM

Desy Purwanty

Informasi Dasar

111098092
004.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Pada saat ini banyak sekali layanan messenger yang digunakan oleh para operator untuk menarik minat para penggunanya. E3D Messenger adalah layanan berupa chat yang nantinya dapat dipakai oleh para mahasiswa di IT Telkom. Semakin banyak sumber - sumber yang menyediakan layanan data informasi online yang dapat diakses di mana saja. Kebutuhan data yang utuh berukuran kecil sangat diperlukan, sehingga data tidak membebani media jaringan saat transfer dilakukan. Suatu metode kompresi untuk menyusutkan ukuran file data dengan tetap mempertahankan keutuhan informasi yang hendak disampaikan sangat diperlukan sebagai salah satu solusi alternatif masalah ini.

Dalam Tugas Akhir ini penulis akan membahas analisa perbandingan 2 metode kompresi yaitu Algoritma Huffman dan Lempel – Ziv Welch untuk mengetahui besar pengaruh metode kompresi ini dalam pengkompresian data dan metode mana yang paling efektif dalam memampatkan data pada mobile client sehingga komunikasi data dapat berjalan dengan baik.

Hasil penelitian menujukkan bahwa setiap jenis algoritma mempunyai karakteristik yang berbeda-beda dan cocok untuk digunakan pada jenis file extension. Algoritma kompresi Huffman memiliki hasil rasio kompresi tertinggi untuk melakukan kompresi terhadap file TXT (rata-rata rasio = 52%) untuk 310 sampai 500 byte, rasio kompresi LZW (rata-rata rasio = 89%) untuk 310 sampai 500 byte. Karena pada range tersebut terlihat kinerja LZW dalam pemampatan data.Kata Kunci : Kompresi, Algoritma Huffman, Algoritma LZW, E3D MessengerABSTRACT: Today there many there are many telecommunication provider that using messenger service to make customer interest. E3D messenger is instant messaging exchanges that allocated for civitas academic of IT Telkom. More and more resources which allocated online data service and it can access in everywhere. The whole data with small size with still maintains wholeness of data is needed as one of solution for this problem.

In this book, will explain about 2 methode analys comparison there are Algoritma Huffman and Lempel Ziv Welch for know compression effect and the best compression for mobile client.

The research result shows each algoritm has own characteristic differently dan suitable with ceertain file. LZW compression algoritm effectively used for TXT file (Average Ratio=52%)for input 310 until 500 byte.LZW compression (Average ratio = 89%) for input 310 until 500 byte. Because in that range will know the compression comparison of LZW in data compression.Keyword: Compression, Algoritma Huffman, Algoritma LZW, E3D Messenger

Subjek

Jaringan Multimedia
 

Katalog

ANALISA PERBANDINGAN METODE KOMPRESI HUFFMAN DAN LEMPEL-ZIV WELCH PADA APLIKASI E3D MESSENGER DI IT TELKOM
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Desy Purwanty
Perorangan
Agus Virgono, Muhammad Nasrun .
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini