PERANCANGAN DAN REALISASI KONVERTER HURUF BRAILLE KE HURUF HIJAIYAH BERBASIS PENGOLAHAN CITRA DIGITAL MENGGUNAKAN K-NEAREST NEIGHBOR (KNN)

KAVITA MUTIJANIA

Informasi Dasar

111098078
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Pendidikan formal sangat penting untuk semua orang, namun banyak juga keterbatasan yang dimiliki misalnya orang yang tidak bisa melihat atau di sebut juga tunanetra tidak menjadi masalah untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Oleh karena itu para penyandang tunanetra menggunakan huruf Braille untuk belajar membaca. Huruf Braille merupakan suatu bentuk tulisan khusus yang digunakan oleh para tunanetra untuk mengetahui informasi dan ilmu pengetahuan. Namun sering kita jumpai orang awam huruf Braille terutama orang yang bukan penyandang tunanetra ingin mengetahui atau mempelajari teks-teks Braille, salah satunya dengan cara menerjemahkan teks-teks Braille ke dalam teks yang umum dimengerti yakni teks lain.

Dalam Tugas Akhir ini dilakukan perancangan dan realisasi penerjemahan karakter Braille ke karakter hijaiyah menggunakan bahasa pemrograman MATLAB dengan metode KNN. Inputan untuk sistem ini adalah file citra Braille dengan format bitmap. Sistem ini bekerja dengan melakukan tahapan proses pengolahan citra digital terhadap citra inputan. Tahapan yang dilakukan adalah mengubah citra inputan berwarna ke citra grayscale, melakukan noise remove dengan median filter jika diperlukan, thresholding, segmentasi dan idetifikasi titik Braille.

Sistem ini melakukan rekapitulasi dengan tingkat akurasi mencapai 96.68% untuk luas pixel rata-rata dan 89,95% untuk histogram area, dengan nilai K sama dengan 3 untuk luas pixel rata-rata dan K sama dengan 1 untuk histogram area.Kata Kunci : Braille, hijaiyah, pengolahan citra digital, KNNABSTRACT: Formal educations are very important for everyone, but sometime, some people have limitation in several things. Such as blind people who can't get proper education. For that reason, some blind people use Braille letter for reading Braille letter is a special letter to be used by blind people who want to get information and science.

However most people don't know the Braille letter, especially people without eye blinds who need to learn Braille letter, by translate the Braille letter to common letter. This Final Task is designing and applying translator from Braille letter to Arabic form with Matlab code and KNN method. Input for this system is Braille image with bitmap format, this system works by processing digital image against input image. the steps are color to grayscale transform image, use noise removal with median filter if needed, thresholding, segmentation and Braille dot identifier.

The system do recap with calculation can reach 96.68% for mean of pixel wide and 89,95% for histogram area, with K point equal 3 for luas pixel rata-rata and K point equal 1 for histogram area.Keyword: Braille, hijaiyah, Digital Image Processing, KNN

Subjek

Pengolahan Sinyal Informasi
 

Katalog

PERANCANGAN DAN REALISASI KONVERTER HURUF BRAILLE KE HURUF HIJAIYAH BERBASIS PENGOLAHAN CITRA DIGITAL MENGGUNAKAN K-NEAREST NEIGHBOR (KNN)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

KAVITA MUTIJANIA
Perorangan
Iwan Iwut Tritoasmoro, Marlindia Ike Sari
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini