KAJIAN KARAKTERISTIK ANTENA MIKROSTRIP ARRAY PATCH FRAKTAL

MUSTHOFA ABRIANTORO

Informasi Dasar

111098069
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Antena merupakan sebuah perangkat penting dalam sistem telekomunikasi. Hal ini sejalan dengan penelitian tentang antena yang semakin berkembang. Dalam upaya efisiensi, dikembangkan suatu antena yang memiliki karakteristik dimensi yang relatif kecil dan juga handal dengan mempertimbangkan nilai-nilai parameter antena seperti bandwidth, gain, dan pola radiasi yang disesuaikan dengan kebutuhan, salah satunya adalah antena mikrostrip array patch fraktal. Antena mikrostrip array patch fraktal merupakan antena yang mampu bekerja dengan baik pada beberapa frekuensi resonan berbeda dan juga memiliki gain yang cenderung lebih tinggi dari mikrostrip tunggal. Ini sangat berguna untuk komunikasi seluler dan WLAN.

Di dalam tugas akhir ini, dilakukan simulasi terhadap beberapa antena fraktal menggunakan software HFSS 12. HFSS (High Frequency Structure Simulator) merupakan salah satu perangkat lunak yang sering digunakan di dalam perancangan dan analisis antena. HFSS memiliki ketelitian yang tinggi dan mampu digunakan untuk desain yang kompleks. Antena fraktal yang disimulasikan tersebut di rubah tingkat array dan ordenya, kemudian dibandingkan satu sama lain.

Karena nilai parameter antenna sangat berhubungan dengan kualitas antenna yang kita buat maka kita perlu suatu kajian masalah tersebut agar kita bisa menghasilkan antenna yang sesuai dengan kebutuhan dan juga memudahkan dalam perancangan. Dalam tugas akhir ini, telah dilakukan eksperiment dan simulasi berbagai bentuk antena fractal dan juga tingkat array yang berbeda-beda juga menggunakan simulator High Frequency Structure Simulator (HFSS) dimana hasil simulasi bisa memberikan informasi pengaruh perubahan tingkat array dan orde fraktal terhadap parameter antena. Hasil simulasi menunjukan bahwa semakin tinggi tingkat array dan orde maka akan berakibat semakin kecil nilai bandwith, semakin tinggi nilai gain, semakin meruncing atau semakin unidireksional bentuk pola radiasi dan juga berakibat menambah jumlah dari sidelobe dan backlobe-nya.Kata Kunci : Antena Fraktal, Orde Fraktal, HFSS, Bandwidth, Gain, Pola radiasi, sidelobe,ABSTRACT: In telecommunication, antenna has an important rule. And it is in line with the increase of antenna development. In an effort to efficiency, developed an antenna that has the characteristics of relatively small dimensions and also reliable by considering the values of antenna parameters such as bandwidth, gain and radiation patterns are adjusted to the needs of one of them, is an of microstrip array antenna fractal patch. Microstrip array antenna fractal patch is an antenna that is able to work well on several different resonant frequencies and also has a gain that is higher than a single microstrip. This is very useful for cellular and WLAN communications

With in this final project, there are some simulations of some fractal antennas using HFSS software. HFSS (High Frequency Structure Simulator) is a software which is ussualy used in antenna design, simulation and analysis. Because it has high accuracy and capable of being used in complex design. The simulated fractal antenna in the array level and the order, then compared with each other.

Because the antenna parameter values highly correlated with the quality of the antenna that we make then we need a study for it so we can produce antennas that fit the needs and also facilitate in the design. In this thesis, we have performed experiments and simulation of various forms of fractal antenna and also levels of the different arrays are also using the simulator High Frequency Structure Simulator (HFSS) where the simulation results can provide the information effect of rate changes and the order of fractal arrays of antenna parameters. The simulation results show that higher levels of the array and the order will result in smaller values of bandwidth, the higher the gain, the more tapered or more unidirectional shape the radiation pattern and also result in increasing the number of sidelobe and backlobe.Keyword: Fractal antenna, Fractal orde, HFSS, Bandwidth, Gain, Radiation pattern,

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

KAJIAN KARAKTERISTIK ANTENA MIKROSTRIP ARRAY PATCH FRAKTAL
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUSTHOFA ABRIANTORO
Perorangan
Suprayogi, Bambang Sumajudin
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini