ANALISA TRAFFIK SGI (SENTRAL GERBANG INTERNASIONAL) PADA SISTEM TDM DAN IP DI PT. INDOSAT

ROCHMATTULLOH

Informasi Dasar

111098065
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Perkembangan teknologi komunikasi bergerak saat ini meningkat dengan pesat. Semakin banyaknya pelanggan yang membutuhkan akan layanan telekomunikasi yang tidak terbatas bukan hanya pada akses suara melainkan juga pada data dan multimedia. Hal ini menuntut pada penyedia infrastruktur untuk mendukung semua layanan tersebut. Dengan kondisi jaringan yang dimiliki PT. Indosat saat ini, maka perlu dilakukan migrasi jaringan dari yang awalnya menggunakan teknologi Time Divison Multiplexing (TDM) yang berbasis circuit switch ke jaringan Internet Protokol (IP) yang berbasis packet switch.

Konsep softswitch muncul dari fenomena jaringan data yang telah mendominasi jaringan komunikasi saat ini. Kegiatan yang penting dari fenomena tersebut adalah konvergensi dan migrasi jaringan seluler menuju jaringan telekomunikasi masa depan Next Generation Network (NGN) yang berbasis data.

Pada tugas akhir ini metodologi yang akan di lakukan yaitu dengan menganalisis jaringan softswitch di PT. Indosat dengan melakukan survey lapangan untuk memperoleh data jumlah kebutuhan layanan voice dan data. Analisis yang digunakan nantinya akan lebih difokuskan pada pembangunan konfigurasi eksisting di mana kondisi jaringan seluler yang akan di integrasikan dari yang berbasis TDM ke IP.

Dari hasil analisis didapatkan bahwa kualitas jaringan yang meliputi Produksi Menit, ASR, NER dan Occupancy yang pada awalnya menggunakan sistem TDM setelah dilakukan migrasi ke sistem IP kualitasnya semakin baik.

Kata Kunci : Migrasi, TDM, IPABSTRACT: The development of mobile communications technology today is rapidly increasing. Increasing number of customers requiring telecommunications service that is not limited to not only voice but also on access to data and multimedia. It is demanding on the infrastructure providers to support all these services. With the condition of the network owned by PT. Indosat today, it is necessary to migrate the network from the beginning to use technology Time Division Multiplexing (TDM) circuit-based switches to the network Internet Protocol (IP) based packet switch.

Softswitch concept emerged from the data networking phenomenon that has dominated the current communications network. Important activity of the phenomenon is a convergence of cellular networks and the migration towards future telecommunication networks Next Generation Network (NGN)-based data.

In this final methodology to be done is by analyzing the softswitch network in PT. Indosat to conduct field surveys to obtain data on the number of voice and data service needs. The analysis used will be more focused on the construction of the existing configuration in which the conditions of cellular networks will be integrated from TDM to IP-based. From the analysis found that the quality of the network which includes the production of Minutes, ASR, NER and Occupancy that was originally using the TDM system after the migration to an IP system, the better its quality.Keyword: Migration, TDM, IP

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

ANALISA TRAFFIK SGI (SENTRAL GERBANG INTERNASIONAL) PADA SISTEM TDM DAN IP DI PT. INDOSAT
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ROCHMATTULLOH
Perorangan
Hafidudin, RACHMAN RADIYANA
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini